Shazam Luncurkan Fitur Baru yang Mudahkan Pengguna Temukan Konser Musik
Shazam kini meluncurkan fitur baru, untuk temukan konser music. (foto: Dok. Shazam)

Bagikan:

JAKARTA - Pandemi sudah berangsur pulih, dan kini banyak pertunjukan live music digelar. Untuk memudahkan pengguna menemukan konser, Shazam kini meluncurkan fitur baru.

Layanan streaming musik milik Apple ini meluncurkan fitur baru yang dimaksudkan untuk memudahkan pengguna menemukan acara di sekitar lokasi mereka, sehingga pecinta musik tidak ketinggalan acara yang dapat mereka datangi dengan mudah.

Mulai hari ini, ketika pengguna Shazam mencarinya di aplikasi atau di situs web, mereka juga akan melihat informasi konser yang relevan dan tiket yang dijual untuk pertunjukan mendatang.

Namun, jika mereka suka dengan artis tertentu, mereka dapat dengan mudah mengunjungi halaman Shazam Artist baru di platform untuk melihat tanggal, waktu, dan lokasi pertunjukan yang akan datang.

Laman tersebut juga akan menampilkan tur tambahan atau informasi, bersama dengan kemampuan untuk menambahkan acara apa pun ke kalender mereka.

Shazam menggunakan informasi dari aplikasi penemuan konser Bandsintown untuk fitur ini, dan musisi yang ingin layanan tersebut menampilkan detail acara mereka harus menyediakan informasi tersebut melalui Bandsintown For Artists.

Bandsintown merupakan platform kuat yang mengumpulkan informasi konser dan pertunjukan. Bandsintown melayani lebih dari 68 juta pengguna dan lebih dari 560.000 artis, manajer, label, dan agen pemesanan.

Apple dan Shazam juga menggembar-gemborkan bahwa fitur baru ini akan membantu meningkatkan eksposur artis. Wakil Presiden Apple untuk Apple Music and Beats, Oliver Schusser mengatakan bahwa fitur baru ini datang tepat pada waktunya untuk munculnya kembali musik live setelah pandemi COVID-19.

“Shazam memiliki sejarah panjang inovasi dalam penemuan musik dan menghubungkan artis dan penggemar. Dengan munculnya kembali musik live, kami senang memberi pengguna Shazam akses ke konser dan menghadirkan lebih banyak kemudahan untuk ditemukan bagi artis," ucap Schusser.

Fitur konser baru diluncurkan hari ini di aplikasi Shazam untuk iOS dan Android, serta melalui situs web Shazam. Demikian dikutip dari 9to5Mac, Rabu, 23 Maret.