Catat! Begini Cara Menambahkan Tombol Shazam ke Control Center iPad dan iPhone Anda
Cara menambahkan Shazam ke Control Center iPhone (foto: Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Pada tahun 2018, Apple telah mengakuisisi Shazam, layanan yang mendengarkan dan mengidentifikasi musik yang diputar di sekitar Anda. Shazam juga telah terintegrasi ke iPhone dan iPad. 

Namun, karena Shazam merupakan aplikasi mandiri, tombol Shazam tidak ditempatkan di iPhone atau Control Center iPad Anda secara default. Melainkan, Anda harus menyesuaikan Control Center untuk mengaktifkan tombol pengenalan musik tersebut.

Nah, untuk menambahkan tombol Shazam ke Control Center iPhone dan iPad, ikuti tutorial berikut ini:

  1. Buka aplikasi Settings di iPhone atau iPad Anda
  2. Selanjutnya, gulir ke bawah dan pilih opsi Control Center
  3. Di sana, Anda akan melihat daftar pintasan dan kontrol yang tersedia di Pusat Kontrol. Gulir ke bawah, lalu temukan dan ketuk tombol plus (+) di sebelah Music Recognition
  4. Tombol Shazam sekarang aktif dan akan dipindahkan ke bagian Included Controls. Ketuk dan tahan ikon tiga garis horizontal untuk mengatur ulang penempatan tombol Music Recognition di Control Center.

Sekarang, dengan tombol Shazam ditambahkan ke iPhone atau iPad Anda, Anda bisa menggunakan fitur pengenalan musik. Cukup buka Control Center dengan menggesek ke bawah dari sudut kanan atas layar ponsel atau tablet Anda. Dari sana, ketuk tombol Shazam yang berwarna abu-abu.

Setelah aktif dan mendengarkan musik, tombol Shazam akan menyala dan perlahan-lahan berdenyut. Lalu, ketika lagu diidentifikasi, pemberitahuan spanduk akan muncul di bagian atas layar Anda.