Bagikan:

JAKARTA - Apple baru saja mengumumkan fitur baru untuk pengguna iOS yang mengalami mabuk kendaraan. Fitur baru ini  akan membantu mereka menggunakan iPhone saat berada di dalam mobil yang bergerak.

Menurut Apple, mabuk kendaraan disebabkan oleh konflik sensorik antara apa yang dirasakan dan dilihat seseorang. Hal ini membatasi banyak pengguna dalam menggunakan smartphone atau tablet mereka saat berada di kendaraan yang bergerak.

Dalam sebuah posting blog, Apple menyatakan, “Dengan Vehicle Motion Cues, titik-titik animasi di tepi layar mewakili perubahan gerakan kendaraan untuk membantu mengurangi konflik sensorik tanpa mengganggu konten utama. Menggunakan sensor yang tertanam di iPhone dan iPad, Vehicle Motion Cues mengenali ketika pengguna berada di kendaraan yang bergerak dan merespons sesuai. Fitur ini dapat diatur untuk tampil secara otomatis di iPhone, atau dapat dihidupkan dan dimatikan di Control Center.”

Vehicle Motion Cues dari Apple akan diluncurkan ke semua iPad dan iPhone akhir tahun ini.

Selain Vehicle Motion Cues, Apple juga memperkenalkan beberapa fitur untuk pengguna dengan disabilitas, seperti pelacakan mata.

Apple mengatakan bahwa dengan fitur pelacakan mata, pengguna dapat menavigasi elemen-elemen dalam aplikasi dan menggunakan Dwell Control untuk mengaktifkan setiap elemen, mengakses fungsi tambahan seperti tombol fisik, gesekan, dan gerakan lainnya hanya dengan mata mereka.