Produsen Mobil Jepang, Toyota  dan Nissan Masuki Dunia Metaverse
Karyawan di Toyota bisa lakukan pertemuan secara virtual dengan avatar. (foto: twitter @toyota)

Bagikan:

JAKARTA - Dua produsen mobil asal Jepang, Nissan dan Toyota telah menjadi perusahaan global terbaru yang bergabung dengan metaverse. Sebuah laporan mengatakan Nissan telah meluncurkan ruang pamer virtual. Sementara Toyota telah menciptakan ruang kerja virtual, bisa digunakan untuk mengadakan rapat karyawan.

Dengan membangun kehadiran di metaverse, kedua pembuat mobil bergabung dengan rekan-rekan Eropa mereka Volkswagen dan Mercedes Benz dalam memanfaatkan teknologi.

Sesuai laporan Nikkei Asia, Nissan telah membuat versi realitas digital dari galeri Tokyo Nissan Crossing yang dapat digunakan untuk peluncuran kendaraan dan acara lainnya.

Di situs webnya, Nissan Motor Corporation menyatakan bahwa melalui Invisible-to-Visible  yakni antarmuka augmented reality yang terhubung ke metaverse, maka  telah menciptakan kemungkinan tak terbatas untuk layanan dan komunikasi yang akan membuat berkendara lebih nyaman, nyaman, dan mengasyikkan.

Di sisi lain, Toyota, yang merupakan salah satu pembuat mobil terbesar di dunia berdasarkan volume, dilaporkan telah membuat workstation virtual untuk beberapa departemen dan anak perusahaannya. Ruang kerja ini menggunakan avatar, di mana karyawan mengambil bagian dalam rapat perusahaan dan juga mengobrol satu sama lain.

Menurut laporan itu, tim pengembangan teknis dan sumber daya manusia di perusahaan induk sudah memanfaatkan ruang kerja virtual. Ada juga rencana untuk memperluas ini, kata laporan itu.

Sementara itu, perwakilan Toyota menyatakan pandemi COVID-19 dan pembatasan terkait pergerakan manusia telah mengilhami keputusan pembuat mobil untuk meluncurkan ruang kerja virtual.

"Dengan lebih banyak orang yang bekerja dari rumah karena virus corona, kami menyediakan karyawan muda dan opsi komunikasi lainnya di dalam perusahaan," kata perwakilan produsen mobil yang tidak disebutkan namanya, seperti dikutip Bitcoin.com.