Bisa Bikin NFT dengan Biaya Murah, Marketplace Rarible Terintegrasi ke Blockchain Tezos (XTZ)
Rarible terintegrasi dengan blockchain Tezos (Rarible)

Bagikan:

JAKARTA – Marketplace Non-Fungible Token (NFT) Rarible dikabarkan sudah terintegrasi dengan blockchain Tezos (XTZ) pada Rabu 14 Desember kemarin. Kerjasama ini akan memungkinkan pihak Rarible memajang NFT Tezos di platformnya.

Rarible juga akan mendukung penjualan proyek NFT Tezos secara langsung dan memberikan kemudahan kepada pengguna untuk mencetak NFT dengan biaya rendah.

Cointelegraph melaporakan integrasi Rarible dan blockchain Tezos yang menggunakan konsensus Prof of Stake (PoS) ini menandai lapisan ketiga blockchain yang bisa didukung oleh platform selain Ethereum dan Flow, jaringan blockchain Dapper Labs yang mendukung NBA Top Shot.

Ini merupakan salah satu upaya Rarible dalam membangun platform multi-chain dalam rang NFT. Selain itu, Rarible juga dikabarkan akan terintegrasi dengan Solana dan Polygon.

“Rarible sangat yakin bahwa masa depan NFT adalah lintas rantai, dan interoperabilitas adalah kunci ekosistem NFT yang efisien dan sukses. Kami telah melihat banyak blockchain alternatif mendapatkan daya tarik di ruang NFT untuk penawaran unik mereka, khususnya Tezos untuk biaya rendah dan proses pencetakan hemat energi melalui validasi bukti kepemilikan,” kata CEO Rarible Alexei Falin.

Pihak Rarible mengungkapkan bahwa integrasi tersebut akan diluncurkan dalam dua tahap. Dengan kolaborasi ini, pengguna bisa mencetak, membeli dan menjual NFT Tezos baru, serta berdagang di pasar sekunder, dimulai dengan koleksi metaverse dalam game yang disebut Digits dari Ubisoft.

Kemudian Rarible berencana mencetak koleksi baru melalui kontrak khusus dan mengatur royalti untuk koleksi impor yang sudah terlebih dulu ada di Tezos. Kedua belah pihak juga sudah resmi meluncurkan koleksi NFT perdana dengan judul Blazing Futures yang dikuratori oleh pendiri We Are Museums dan pembuat NFT di Hic Et Nunc, Diane Drubay.

Sebagai informasi, Drop Blazing Futures menampilkan karya eksklusif dari 10 seniman yang berbasis di Tezos. Oleh sebab itu, Faling berharap “Pengguna Rarible akan mendapat manfaat dari pengalaman yang ditingkatkan di pasar kami, sambil menikmati paparan ke beragam proyek NFT yang ada dalam jaringan Tezos yang kuat.”

Integrasi ini dimungkinkan melalui Rarible Protocol, protokol NFT lintas-rantai (cross-chain) yang dikelola komunitas open-source yang dijalankan oleh Rarible.com sebagaimana dilansir dari Cointelegraph.