Apple Bersiap Luncurkan Mobil Otonom Tanpa Setir di 2025
Apple tengah mempersiapkan kendaraan listriknya yang diklaim mirip Tesla Cybertruck . (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Belum lama ini kabar berhembus Apple tengah mempersiapkan kendaraan listriknya yang diklaim mirip Tesla Cybertruck itu, tetapi ternyata perusahaan telah lebih fokus pada mobil otonomnya.

Apple dilaporkan mempercepat pengembangan mobil otonom yang termasuk dalam Project Titan dan menargetkan 2025 sebagai tanggal peluncuran. Itu berarti hanya dalam empat tahun mobil otonom Apple akan resmi mengaspal.

Dalam mengembangkan mobil otonom, Apple tidak melibatkan pihak luar untuk merancang chip mobil tersebut. Menurut jurnalis Bloomberg, Mark Gurman, chip itu adalah "komponen paling canggih" yang telah dikembangkan untuk Project Titan sejauh ini.

Perusahaan tampaknya telah bersiap-siap untuk menempatkan chip dalam armada kendaraan uji coba di California, AS, dan berharap untuk membuat kendaraan dengan perlindungan yang lebih kuat daripada apa yang tersedia dari Tesla dan Waymo.

Mengutip The Verge, Jumat, 19 November, tujuannya sekarang untuk Project Titan, adalah menciptakan mobil otonom yang tidak memiliki roda kemudi. Interiornya akan lebih luas dan tempat duduknya akan mengadopsi gaya limusin yang dipromosikan oleh startup EV Canoo dalam prototipe van listriknya.

Selain itu, akan ada layar sentuh besar bergaya iPad yang akan menjalankan antarmuka pengguna, mirip dengan iOS. Meski begitu, belum diketahui pasti model bisnis apa yang akan dilakukan Apple dengan mobil ini.

Sebelumnya, Apple telah mempertimbangkan membuat armada self-driving untuk bersaing dengan Uber, Lyft, dan Waymo, tetapi Gurman melaporkan bahwa lebih mungkin perusahaan akan menjual mobil ke individu.