Temukan Facebook Memicu Pengguna Jadi Kencanduan, Tim Peneliti Internal Malah Dibubarkan!
Facebook dianggap telah memicu kecanduan internet bagi penggunannya. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Dokumen penelitian internal Facebook lainnya yang bocor telah mengungkapkan bahwa perusahaan media sosial ini menyadari fakta bahwa lebih dari 350 juta pengguna telah melaporkan terlibat dalam penggunaan kompulsif yang berbatasan dengan ambang kecanduan. Akan, tetapi perusahaan akhirnya membubarkan tim di balik temuan tersebut.

Dalam beberapa minggu terakhir, beberapa organisasi berita dengan akses ke dokumen internal yang bocor telah menerbitkan laporan tentang beberapa pola pengambilan keputusan yang sangat mengkhawatirkan di Facebook, yang sangat berpihak pada profitabilitas perusahaan atas kesejahteraan pengguna.

Salah satu kebocoran itu mengungkapkan bahwa perusahaan mempertahankan sistem pengguna dua tingkat untuk menegakkan kebijakan pelanggaran kontennya. Satu kelas termasuk pengguna biasa, sedangkan kelas kedua dari akun "daftar putih" profil tinggi termasuk politisi, selebritas, dan jurnalis.

Banyak dari akun ini dilaporkan memposting berita palsu dan informasi yang salah yang dibiarkan berlama-lama di platform bahkan lebih lama dari yang seharusnya. Ini hanyalah salah satu dari banyak masalah yang dihadapi perusahaan. Beberapa kemudian diekspos melalui dokumen yang bocor juga.

Sesuai satu kumpulan materi penelitian internal yang bocor yang ditinjau oleh The Wall Street Journal, peneliti Facebook mendokumentasikan bahwa satu dari delapan pengguna platform mengaku menggunakan media sosial secara kompulsif yang memengaruhi segalanya mulai dari pola tidur dan pekerjaan mereka hingga tugas mengasuh anak dan hubungan sosial.

Pengguna melaporkan bahwa masalah mereka dengan penggunaan kompulsif - atau dikenal sebagai kecanduan internet - adalah yang terburuk dalam kasus Facebook dibandingkan dengan platform media sosial lainnya. Namun, perusahaan — yang sekarang bernama Meta — membubarkan tim di balik penelitian tersebut. Beberapa dari temuan tersebut kini diterbitkan secara independen dan dapat ditemukan di repositori seperti arXiv.

Kesaksian pengguna yang dikumpulkan sebagai bagian dari penelitian internal mengungkapkan "kebiasaan penggunaan bermasalah" seperti menunda waktu tidur karena penggunaan Facebook yang berkepanjangan dan kurang tidur akibat paparan konten yang mengganggu atau kekerasan.

Facebook mengatasi beberapa masalah dalam jangka panjang, seperti menambahkan penggeser sensitivitas di Instagram untuk mengontrol jumlah konten sensitif yang muncul di umpan seseorang.

Anggota "tim kesejahteraan" memperkirakan bahwa sekitar 12,5 persen dari 2,9 miliar pengguna Facebook menghadapi masalah yang disebutkan di atas dengan penggunaan kompulsif, yang berarti sekitar 360 juta orang yang terhubung ke platform.

Sementara hanya 10 persen pengguna di AS yang melaporkan mengalami masalah seperti itu, pangsa pengguna di pasar seperti India dan Filipina jauh lebih tinggi sekitar 25 persen.

Tim menemukan bahwa rasa kesejahteraan yang lebih rendah dan penggunaan bermasalah lebih tinggi dalam kasus Facebook dibandingkan dengan platform media sosial lainnya di antara pengguna. Dalam posting blog 2017 yang ditulis oleh para peneliti Facebook sendiri, mereka mengutip sebuah studi eksternal oleh Profesor Jean M. Twenge dari San Diego State University yang mengklaim bahwa penggunaan ponsel berhubungan dengan depresi remaja.

Riset internal juga menyebutkan bahwa jumlah postingan yang membicarakan kecanduan Facebook juga meningkat. Sister platform mereka, Instagram, juga bergulat dengan masalah serupa yang tampaknya tidak dapat diatasi oleh Meta.

Beberapa pengguna yang disurvei melaporkan bahwa rentetan notifikasi dan video yang diputar otomatis mempersulit mereka untuk meletakkan ponsel dan keluar dari Facebook. Namun, perusahaan dilaporkan merombak tim dua kali setelah 2017, dan sumber daya yang dialokasikan untuk itu hanya setengah dari apa yang diminta sebelum akhirnya dibubarkan.