Ilmuwan Temukan “Dunia Tersembunyi” dalam Inti Bumi
Ilmuwan temukan dunia tersembunyi dalam inti bumi (Mashable)

Bagikan:

JAKARTA – Baru-baru ini para ilmuwan telah menemukan dunia baru yang tersembunyi dalam inti bumi. Temuan tersebut didapat peneliti ketika mempelajari riak gelombang gempa yang bergerak melalui Bumi.

Melansir SputnikNews, studi baru tersebut sudah diterbitkan di jurnal Physics of the Earth and Planetary Interiors pada 20 September telah mengubah konsensus yang mengelilingi kepercayaan lama bahwa inti dalam Bumi adalah bola besi padat yang dikelilingi oleh inti luar cair yang sangat panas.

“Semakin kita melihatnya, semakin kita menyadari bahwa itu bukan gumpalan besi yang membosankan,” kata Jessica Irving selaku seismolog dari University of Bristol di Inggris, yang tidak terlibat dalam penelitian ini, mengatakan kepada Live Science. “Kami menemukan dunia tersembunyi yang sama sekali baru.”

Penelitian tersebut menganalisis bagaimana gelombang bergeser yang diciptakan oleh gempa yang bergerak melalui dunia ke inti Bumi yang tidak bisa dilalui oleh manusia maupun mesin.

Distribusi gelombang seismik dari gempa bumi yang dioperasikan sebagai semacam “sonar” membantu para peneliti seperti Rhett Butler, dari Universitas Hawaii dan rekannya Seiji Tsuboib yang bekerja di Pusat Sains dan Teknologi Informasi Bumi Jepang. Mereka “melihat” kedalaman planet secara terperinci.

Butler mengatakan kepada Science Daily bahwa penelitian ini lebih dari sekadar minat akademis dan menjelaskan “komposisi, sejarah termal, dan evolusi Bumi.”

Meski begitu, para ilmuwan belum memaparkan secara terperinci “dunia yang tersembunyi” di dalam inti bumi tersebut.