Peneliti Temukan Lapisan Baru Dalam Inti Bumi
Bumi memiliki lapisan kelima (Nasa Gov)

Bagikan:

JAKARTA - Anak-anak sekolah sudah lama diajari bahwa Bumi terdiri dari empat lapisan utama, yaitu kerak bumi, mantel, inti luar, dan inti dalam. Namun, hasil temuan terbaru membuktikan bahwa ada lapisan bumi lainnya berada di pusat planet ini.

Melansir The Next Web, para peneliti dari The Australian National University (ANU) mendapati lapisan baru yang misterius di pusat planet Bumi. Mereka menyebutnya “inti terdalam.”

Para ilmuwan berspekulasi bahwa di dalamnya terkandung rahasia tentang peristiwa dramatis yang belum diketahui dalam sejarah Bumi. Ahli geologi pertama kali mengusulkan gagasan lapisan kelima beberapa dekade yang lalu, namun harus berjuang keras untuk mendeteksi lapisan itu.

Penelitian terbaru memberikan bukti yang lebih lanjut dengan menganalisa perubahan gelombang seismik saat mereka melakukan perjalanan melalui inti planet Bumi. Tim peneliti itu menggunakan algoritma penelusuran untuk membandingkan ribuan model inti dalam dengan data waktu tempuh gelombang seismik.

Mereka menemukan perubahan pada struktur besi sekitar 650 km dari pusat bumi. Hal ini menunjukkan adanya lapisan tambahan.

“Kami menemukan bukti yang mungkin menunjukkan perubahan dalam struktur besi, yang menunjukkan mungkin dua peristiwa pendinginan terpisah dalam sejarah Bumi,” ujar penulis studi Joanne Stephenson dalam sebuah pernyataan.

Namun, sampai saat ini lapisan terdalam baru yang ditemukan itu masih diselubungi misteri. Meskipun demikian, Stephenson yakin akan ada analisis yang lebih lanjut dan lebih mendalam untuk menambah pengetahuan kita tentang evolusi Bumi.

“Ini sangat menarik, dan mungkin berarti kita harus menulis ulang buku teksnya (sejarah Bumi),” ujarnya.