Bagikan:

JAKARTA - Great Wall Motor (GWM), perusahaan otomotif terbesar dari China, berniat untuk memperluas ekspansi ke berbagai pasar di seluruh dunia, salah satunya Asia. Demi memudahkan fase produksi, pabrikan memulai produksinya di tempat perakitan wilayah Thailand.

Dilansir dari Drive, Kamis, 18 Januari, pabrik tersebut merupakan fasilitas bekas perakitan dari Holden Colorado di Rayong, Thailand. Unit pertama dari Ora Good Cat telah diluncurkan dari lini produksi pabrik ini, menjadikannya produsen mobil China pertama yang memproduksi EV secara massal di luar negeri tirai bambu.

Perusahaan asal China ini telah meningkatkan fasilitas dari pabrik tersebut menjadi tempat perakitan dan dikhususkan untuk kendaraan listrik dengan kapasitas 120.000 kendaraan per tahunnya.

7

Lokasi dari pabrik ini berdekatan dengan pemasok baterai, S-Volt, yang telah menyelesaikan pabrik baru pada akhir 2023 lalu di barat laut Rayong di kota Si Racha.

Pabrik S-Volt menjalankan dua jalur produksi, satu berfokus pada produksi modul untuk kendaraan hibrida, dan jalur terpisah untuk paket baterai yang ditujukan untuk kendaraan hibrida plug-in dan kendaraan listrik sepenuhnya.

Pabrik Rayong awalnya dibuka oleh perusahaan induk Holden, yakni General Motors (GM) pada 2003 lalu dengan merakit model pikap, Holden Colorado, antara tahun 2008 dan 2020.

Selain itu, mobil SUV Holden Trailblazer juga dirakit di pabrik ini pada 2012 hingga 2020 lalu dan dijual ke beberapa pasar, termasuk Australia dan Asia Tenggara dengan menggunakan lencana Chevrolet.

Kemudian, GM memutuskan untuk keluar dari pasar kendaraan setir kanan dan menutup fasilitas tersebut dan dijual ke GWM. Perusahaan yang didirikan pada 1984 lalu ini memulai produksinya di pabrik ini dengan merakit SUV H6 Hybrid pada 2021 lalu.

Hingga saat ini, GWM Ora Good Cat masih belum dipastikan waktu penjualannya untuk pasar Australia maupun Indonesia. Untuk pasar negeri Kanguru, mobil ini akan menjadi EV termurah dengan diskon awal tahun 2024 ini.

GWM Ora Good Cat atau Ora 03 untuk pasar Indonesia, telah dihadirkan pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, bersama dengan Haval Jolion dan Tank 500.