Bagikan:

JAKARTA - Great Wall Motor (GWM) memperluas ekspansinya global dengan berencana merakit kendaraan di Vietnam.

Mengutip dari laman CNevpost, Jumat, 20 September, jenama asal China itu mengungkapkan telah menandatangani nota kerja sama dengan TAG Group Vietnam, dan kedua belah pihak akan bekerja sama dalam perakitan lokal di negara tersebut. 

 "Great Wall Motor bertujuan untuk mulai memproduksi kendaraan di Vietnam pada akhir tahun 2025, dengan mengandalkan pengalamannya selama 34 tahun dalam membuat mobil, serta sumber daya lokalisasi dari TAG Group," tulis pernyataan perusahaan. 

Langkah ini merupakan langkah percepatan globalisasi Great Wall Motor, yang telah memiliki tiga basis produksi kendaraan di Thailand dan Brazil, dan sejumlah pabrik lainya di belahan dunia. 

Great Wall Motor merupakan salah satu perusahaan asal China yang aktif berekspansi ke pasar internasional, seiring dengan semakin ketatnya persaingan di dalam negeri.

Sebelumnya berdasarkan laporan dari Bloomberg, China sendiri mendorong para produsen mobil untuk mengekspor mobil dalam model CKD, yang berarti bahwa bagian-bagian penting dari kendaraan akan diproduksi di dalam negeri China dan kemudian dikirim ke pasar tujuan untuk perakitan akhir. 

Sementara itu merek tersebut juga sudah hadir di Indonesia, bahkan belum lama ini model Jolion HEV rakitan lokal resmi diluncurkan dari jalur perakitan di lini produksi Inchcape Manufacturing Facility di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat.