Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini, Toyota Australia mengonfirmasi akan segera meluncurkan model Tundra di Australia setelah sukses melakukan evaluasi, pengujian, dan validasi.

Kabar baik ini muncul usai pabrikan melakukan uji coba terhadap 300 kendaraan yang disewakan kepada pelanggan pilihan, sehingga Toyota Australia diberi lampu hijau untuk peluncuran lokal skala penuh pikap berukuran besar tersebut.

“Saya dengan senang hati mengumumkan bahwa Tundra resmi masuk pasar Australia,” kata Vice President Sales and Marketing Toyota Australia Sean Hanley, dikutip dari Drive, Jumat, 20 September.

Pikap bertubuh kokoh ini akan dijual secara lokal pada November mendatang dengan tipe Limited sebelum meluncurkan varian yang lebih premium pada awal 2025.

“Perusahaan induk kami telah memberikan persetujuan resmi kepada Toyota Australia untuk meluncurkan Tundra kepada pelanggan ritel di Australia,” tambah Hanley.

Sebelumnya, Toyota Australia memulai “Tundra Insider Program” yang melibatkan 300 kendaraan yang dikirimkan mulai akhir November 2023 lalu dengan semua unit sampai ke tangan pelanggan pada April 2024.

Dari 300 kendaraan yang terlibat dalam uji coba, 280 unit di antaranya disewakan kepada pelanggan dan 20 unit lainnya untuk penggunaan internal perusahaan.

Pelanggan yang terlibat telah dipilih secara langsung oleh Toyota Australia dan pihak dealer. Mereka memilih pelanggan yang juga memiliki pengalaman dalam kendaraan penarik/towing.

Untuk pasar Australia, Tundra produksi Amerika Serikat (AS) akan dikonversi dari setir kemudi kiri ke kanan di Melbourne oleh mantan perusahaan teknik Holden Special Vehicles (HSV) Walkinshaw Automotive Group.

Perusahaan tersebut sebelumnya telah menerapkan proses serupa pada model Ram Trucks dan Chevrolet Silverado yang dijual di negeri kanguru.

Toyota Tundra dikenal sebagai pikap tangguh yang mampu menarik beban yang berat dan melewati berbagai rintangan tangguh. Dilaporkan unit yang hadir di Australia akan mengusung sistem hybrid.

Artinya, pikap tersebut akan ditenagai mesin bensin 3,5 liter 6-silinder twin-turbo yang memberikan tenaga mencapai 290 kW dan torsi 650 Nm dengan motor listrik 36 kW dan torsi 250 Nm bekerja sama dengan baterai nickel metal hydride.

Dengan demikian, total tenaga yang dihasilkan oleh Tundra mencapai 326 kW dan torsi hingga 790 Nm. Ini dibantu dengan sistem all-wheel drive melalui transmisi otomatis sepuluh percepatan.