Bagikan:

JAKARTA - Toyota Australia telah sukses memasukkan Tundra ke pasar negeri kanguru, baik mengonversi menjadi setir kanan maupun penjualannya yang naik. Padahal, model ini umumnya diperuntukkan khusus untuk pasar Amerika Serikat (AS).

Toyota telah mengakui bahwa Tundra telah menjadi contoh baik, dan perusahaan kini yakin dapat mengulangi konversi setir kanan pada model lain yang saat ini tidak dijual di Australia.

Head of Sales Toyota Australia Sean Hanley, mengatakan bahwa pikap truk ini mendapat respons yang positif sejauh ini dan membuka peluang bagi model dari AS.

“Tundra kini menjadi tolok ukur dalam cara kami menghadirkan mobil yang dikonversi secara lokal ke pasar. Ini merupakan latihan yang sangat bagus bagi kami,” kata Hanley dikutip dari Drive, Selasa, 16 Juli.

Ini merupakan petunjuk pertama dari pabrikan tersebut mengenai kemungkinan ada kendaraan lain yang diimpor dan dikonversi ke pasar Australia. Menyusul Tundra, Toyota berpotensi menghadirkan model seperti Tacoma, 4Runner, dan Sequoia.

7

Model Sequoia mungkin akan cocok dengan pasar Australia. Selain dimensinya yang tangguh, mobil ini disebut cocok untuk diubah menjadi konfigurasi setir kemudi kanan. Namun, biaya impor tinggi serta posisinya sekelas Land Cruiser 300 dapat mengecilkan peluang dihadirkannya model ini ke negeri dengan ibu kota Melbourne tersebut.

Dengan demikian, model yang memiliki potensi besar masuk ke pasar Australia adalah 4Runner. Mengingat bahwa Fortuner akan berhenti produksi di pasar ini dalam 18 bulan ke depan, membuka kemungkinan SUV tersebut untuk debut di negara tersebut.

Di Australia, Fortuner tertinggal jauh dibandingkan para pesaingnya dengan hanya memperoleh penjualan sebanyak 1.696 unit pada paruh pertama tahun ini. Sementara itu, Ford Everest berhasil terjual 11.276 unit pada periode yang sama.

Pada pertengahan April lalu, 4Runner generasi terbaru telah lahir dengan mengusung nuansa klasik SUV yang berbasis kendaraan truk di negeri paman Sam.

Toyota 4Runner terbaru dibangun dengan platform TNGA-F yang khusus untuk SUV dengan sasis ladder-frame. Arsitektur ini juga digunakan pada Tundra, Sequoia, serta Lexus LX dan GX.

Toyota bertujuan untuk semakin mendekatkan 4Runner dengan Tacoma. Mereka ingin menyasar pembeli yang menginginkan SUV tangguh bergaya truk, sekaligus menempatkan Land Cruiser yang kembali hadir sebagai alternatif SUV yang lebih mewah.