Bagikan:

JAKARTA – Dalam era mobilitas yang semakin tinggi, ketahanan kendaraan menjadi salah satu faktor penting yang dipertimbangkan konsumen. Sebuah kendaraan yang awet tidak hanya menghemat biaya jangka panjang, tetapi juga memberikan rasa aman dan nyaman bagi penggunanya.

Studi terbaru dari iSeeCars yang dikutip dari Car and Driver, 15 Agustus, telah mengungkap fakta menarik tentang kendaraan terawet di Amerika Serikat, khususnya dominasi Toyota dalam hal ketahanan setelah mobilnya digunakan sejauh 250.000 mil atau sekitar 402.336 kilometer.

Dari analisis data lebih dari 400 juta kendaraan, lima posisi teratas mobil dengan usia pakai paling lama diduduki oleh Toyota. Bahkan, tujuh dari sepuluh mobil terawet adalah produk Toyota dan Lexus.

Toyota Tundra menjadi juara dengan peluang mencapai 250.000 mil sebesar 36,6 persen, lebih dari empat kali lipat rata-rata kendaraan lainnya. Diikuti oleh Sequoia (36,4 persen), 4Runner (26,8 persen), Tacoma (26,7 persen), dan Highlander Hybrid (25,9 persen). Toyota Avalon juga masuk dalam sepuluh besar dengan peluang 22 persen, menjadikannya sedan dengan kemungkinan tertinggi mencapai jarak tempuh tersebut.

Studi ini juga menunjukkan bahwa secara keseluruhan, Toyota memiliki peluang 17 persen untuk mencapai 402.336 kilometer, dua kali lipat rata-rata produsen lain di industri ini. Honda berada di posisi kedua dengan 13,6 persen, sementara Ram menjadi merek domestik terbaik dengan 11,5 persen.

Untuk kategori truk tugas berat, Ram 3500 menjadi pemenang dengan peluang 42,6 persen. Ini satu-satunya segmen yang tidak didominasi oleh Toyota.

Hasil studi ini menunjukkan keandalan dan daya tahan produk Toyota yang luar biasa.