Toyota 4Runner 2025: Kembali ke Akar Truk SUV
4Runner 2025. (Dok. Toyota)

Bagikan:

JAKARTA - Toyota memperkenalkan generasi terbaru dari SUV legendaris mereka, 4Runner 2025. Mobil ini hadir dengan membawa nuansa klasik SUV yang sesungguhnya, yaitu dengan basis kendaraan truk.

“Kami telah menjual lebih dari 3 juta unit 4Runner dalam 40 tahun penjualannya, dan model generasi keenam ini menawarkan tampilan baru yang keren dan fitur-fitur luar biasa, namun tetap mempertahankan gaya dan kemampuan tangguh yang disukai pelanggan kami tentang ikon petualangan ini,” kata Dave Christ, wakil presiden grup dan manajer umum Toyota, dalam rilis perusahaan, 9 April.

8

Desain 4Runner terbaru ini memang terasa familiar. Pasalnya, mulai dari pilar B ke depan, mobil ini berbagi sasis dan komponen bodi dengan Toyota Tacoma. Tak hanya itu, platform dasar 4Runner juga berbagi kesamaan dengan truk Tundra yang lebih besar, SUV Sequoia, serta SUV mewah Lexus GX550 dan LX600.

Hal ini dikarenakan 4Runner 2025 merupakan anggota terbaru dari keluarga platform TNGA-F milik Toyota yang khusus untuk truk ber rangka penuh (full-frame). Kesamaan ini terlihat dari penggunaan sasis tangga (ladder-frame), struktur suspensi, dan pilihan mesin yang bisa saling berbagi.

4

Dilaporkan Roadandtrack, dikutip Jumat, 12 April, meski secara mekanis tidak banyak yang berubah, kehadiran 4Runner terbaru ini disambut antusias. Mobil ini dianggap sebagai pembaruan yang menarik untuk salah satu kendaraan tersohor dari Toyota.

Berbeda dengan Tacoma yang dirakit di Mexico, 4Runner tetap akan diproduksi di pabrik perakitan Tahara milik Toyota di Jepang. Pabrik ini juga memproduksi Lexus GX550 terbaru dan Land Cruiser (yang dikenal sebagai Land Cruiser Prado di sebagian besar dunia) khusus untuk pasar Amerika Utara.

4Runner 2025 memiliki wheelbase (jarak sumbu roda) 112.2 inci, sama dengan GX dan Land Cruiser. Sebagai perbandingan, Tacoma versi double cab TRD Pro memiliki wheelbase 131.9 inci.

3

4Runner 2025 akan hadir dalam berbagai varian, mulai dari SR5 berpenggerak dua roda (2WD) hingga Limited berpenggerak empat roda (4WD). Varian lain termasuk TRD Sport, TRD Off-Road, dan Trailhunter terbaru yang memadukan kemampuan TRD Pro dengan tampilan lebih dewasa serta aksesori tambahan dari ARB, perusahaan penyedia perlengkapan offroad asal Australia.

Dengan beragam varian ini, Toyota bertujuan untuk semakin mendekatkan 4Runner dengan Tacoma. Mereka ingin menyasar pembeli yang menginginkan SUV tangguh bergaya truk, sekaligus menempatkan Land Cruiser yang kembali hadir sebagai alternatif SUV yang lebih mewah.