Ini Poin Penting yang Diputuskan dalam Kongres Tahunan PSSI 2021
Kongres Tahunan PSSI 2021 (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kongres Biasa PSSI yang digelar di Jakarta, Sabtu kemarin, memutuskan tiga poin penting soal pelaksanaan Liga 1 musim 2021-2022 yang rencananya digelar mulai Juli mendatang. Apa saja itu?

Pertama, Liga 1 musim 2021-2021 akan berlangsung 'bubble to bubble'. Kedua, ada total 306 laga yang akan dimainkan. Dan ketiga, tetap ada skema promosi-degradasi.

"Liga 1 tetap berlangsung dengan format liga. Ada 306 pertandingan, tetapi sistemnya berbeda dengan sebelumnya yaitu 'bubble to bubble'," ujar Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianton usai kongres dilansir Antara.

Konsep 'bubble to bubble' atau gelembung ke gelembung, dijelaskan Iwan, akan membagi Liga 1 menjadi enam seri yang digelar di tiga klaster di Pulau Jawa dan, proyeksinya masih tanpa penonton.

Klaster pertama meliputi Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta. Klaster kedua yaitu Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, lalu klaster ketiga Jawa Timur.

Nantinya, seri satu akan berlangsung di klaster pertama, seri dua di klaster kedua, seri ketiga di klaster ketiga. Lalu berlanjut ke seri keempat yang tetap di klaster ketiga, lalu seri kelima di klaster kedua dan seri keenam atau terakhir kembali lagi ke klaster pertama.

"Setelah menyelesaikan satu seri yang berlangsung sekitar 1,5 bulan, setiap tim mendapatkan libur beberapa minggu untuk berlatih dan bisa juga menghilangkan kejenuhan. Kemudian, mereka bertanding lagi di seri berikutnya," tutur Iwan.

Selama berkompetisi, dia melanjutkan, klub-klub akan tinggal di hotel yang berada di klaster pertandingan dengan biaya ditanggung PT Liga Indonesia Baru (LIB). Hal itu memudahkan PSSI dan LIB untuk memantau pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Iwan pun menambahkan bahwa jadwal Liga 1 2021-2022 sepertinya mundur dari rencana menjadi 10 Juli 2021.

"Namun, target selesainya tetap Maret 2022," kata Iwan.

Sementara soal promosi-degradasi, hal itu sebelumnya sudah disepakati oleh PSSI akan tetap ada di Liga 1 dan 2.

Akan tetapi, Direktur Operasiomal LIB Sudjarno menyebut bahwa belum diputuskan tentang berapa jumlah klub yang akan degradasi dari Liga 1 dan promosi dari Liga 2.

"Kalau jumlahnya belum diputuskan. Regulasinya akan dirumuskan lagi oleh PSSI," ujar Sudjarno.

Format seri di Liga 1 Indonesia musim 2020-2021

Klaster 1: Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta.

Klaster 2: Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Klaster 3: Jawa Timur.

Daftar Seri

Seri Pertama: Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta (klaster 1).

Seri Kedua: Jawa Tengah dan DI Yogyakarta (klaster 2).

Seri Ketiga: Jawa Timur (klaster 3).

Seri Keempat: Jawa Timur.

Seri Kelima: Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Seri Keenam: Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta.