Menpora Sampaikan Jawaban PSSI dan PT LIB Soal Kelanjutan Liga 2: Kompetisi Belum Bisa Jalan
Menpora Zainudin Amali (tengah/jaket) bertemu perwakilan klub Liga 2. (Foto: Ulfa Gusti Utami/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, menyampaikan kepada perwakilan klub terkait hasil dari pertemuan yang dilakukan PSSI dan PT. Liga Indonesia Baru (LIB) soal kelanjutan kompetisi Liga 2. Hasilnya kompetisi masih belum bisa dijalankan.

“Kesimpulannya bahwa sampai dengan sebelum pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB), nampaknya kompetisi (Liga 2) belum bisa berjalan. Karena itu dilihat dari sikap yg disampaikan oleh PSSI dan PT LIB,” kata Menpora usai melakukan pertemuan di Kemenpora, Senayan pada Senin 30 Januari sore WIB.

Kabar yang disampaikan Menpora soal kompetisi Liga 2 yang masih urung berlanjut ini merupakan hasil duduk temu dari perwakilan 15 klub, Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) dengan PSSI dan PT LIB selaku operator pelaksana kompetisi.

"Beberapa waktu lalu mereka (perwakilan klub dan APPI) sudah datang ke sini dan sebagaimana saya infokan, hasil pertemuan sebelumnya saya laporkan juga ke Presiden dan diminta untuk carikan jalan keluar," ujar Menpora.

"Saya undang lagi untuk rapat dan diskusi dengan PSSI dan PT LIB. Kemudian disampaikan berbagai hal dan diputuskan untuk segera bertemu klub Liga 2. Itu sudah dilaksanakan dan tadi teman-teman menyampaikan poin-poin yang jadi diskusi pada saat pertemuan antara klub Liga 2, LIB dan PSSI," beber Menpora soal pertemuan hari ini.

Sebelumnya diketahui bahwa kompetisi Liga 2 dan Liga 3 sempat terhenti karena buntut tragedi Stadion Kanjuruhan. Kemudian berdasarkan hasil rapat Komite Eksekutif (Exco) ada sejumlah pertimbangan yang membuat kompetisi ini dihentikan, salah satunya soal beberapa klub yang meminta laga dihentikan.

Namun mayoritas klub Liga 2 menyatakan keinginan agar kompetisi kasta kedua ini kembali dilanjutkan. Harapan itu juga diungkap oleh perwakilan Persipura, Yan Mendes yang disampaikan juga oleh Menpora.

"Tadi Pak Yan (Persipura) dan teman-teman menyampaikan harapan besar mereka titipkan kepada pemerintah, karena kan pemerintah pasti akan bisa berkomunikasi dengan siapapun yang menjadi pengurus," ungkapnya.

Disamping itu, KLB akan digelar PSSI pada 16 Februari mendatang. Tanggal itu menjadi tenggat soal keputusan akhir lanjut atau tidaknya kompetisi Liga 2.