Ini Jadwal Uji Coba Kehadiran Penonton Kompetisi Sepak Bola
Menpora Zainudin Amali bersama Ketum PSSI M Iriawan/DOK KEMENPORA

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali merampungkan diskusi bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) terkait uji coba kehadiran penonton.

"Saya bersama Ketua Umum PSSI dan PT LIB, kamu baru saja membahas tentang persiapan kompetisi sepak bola yang akan dimulai dengan adanya penonton. Karena ini tahap awal, maka akan ada uji coba dulu," kata Menpora Amali saat pertemuan daring, Senin, 6 Desember.

Menpora menjelaskan pertemuan ini merupakan tahap diskusi, di mana hasil final nanti akan kembali diumumkan setelah diadakan pertemuan dengan beberapa jajaran termasuk kepolisian.

Namun Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochammad Iriawan yang turut hadir memberikan bocoran soal rencana uji coba. Iriawan menyebut uji coba ini akan diterapkan pada kompetisi Liga 2 lebih dulu.

"Hari ini kita diundang pak Menpora untuk diskusi adanya penonton di Liga 1 dan Liga 2," buka Iriawan.

"Sementara uji coba kita secara khusus akan diterapkan di laga delapan besar Liga 2, tempatnya di Stadion Pakansari dan (Stadion) Wibwa Mukti, tapi ini baru perencanaan," katanya menambahkan.

Sementara itu, Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita juga menekankan uji coba ini hanya akan dihadiri pihak melalui undangan khusus. Semua itu dilakukan demi menjalani protok kesehatan yang jika berhasil diterapkan tak menutup kemungkinan untuk terus dijalankan.

"Uji coba penonton ini adalah tahap awal, jadi ditekankan bukan semua penonton bisa hadir. Hanya yang mendapat undangan yang bisa ke stadion untuk ikut uji coba. Sistem yang dipakai uji coba dengan undangan yang itu pun dijatah betul," ujar Akhmad.

Dari pertemuan ini, rencananya uji coba kehadiran penonton akan di lakukan pertama kali di kompetisi Liga 2 tanggal 15 Desember saat kick off babak delapan besar di dua stadion pilihan, yaitu Stadion Pakansari dan Stadion Wibawa Mukti.