Menpora Upayakan Kehadiran Penonton di Liga 1, Penerapan Uji Coba Terus Dimatangkan
Menpora Zainudin Amali (tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali adalah salah satu pihak yang berharap kompetisi sepak bola Liga 1 bisa kembali dihadiri penonton. Demi mewujudkannya, Menpora terus mematangkan uji coba penonton secara terbatas.

Salah satu upaya yang diutarakan Menpora ialah dengan menunjuk venue pertandingan yang memiliki fasilitas single seat. Sebab menurutnya, di masa pandemi ini sangat penting untuk menerapkan protokol kesehatan termasuk menjaga jarak.

“Sedang dimatangkan dan stadion dalam penerapan uji coba kehadiran penonton ini harus yang single seat,” kata Menpora dalam konferensi pers secara virtual pada Kamis, 18 November.

“Saya harap ini bisa diterapkan nantinya ya. Kenapa yang harus single seat, karena nanti bisa diatur jarak antara penontonnya dengan memberi tanda silang pada kursi,” ujar Menpora menjelaskan.

Demi bisa menghadirkan kembali penonton secara langsung, Menpora juga mengaku dirinya siap memfasilitasi PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku promotor kompetisi jika ingin menggelar rapat koordinasi bersama Polri, Kemenkes, BNPB, maupun Satgas Penanganan COVID-19.

“Kalau PSSI sudah siap dan jika ingin ada pertemuan atau rapat koordinasi dengan Polri, satgas dan pihak terkait lainnya untuk membahas hal ini, saya akan komunikasikan,” bebernya.

Penyelenggaraan Liga 1 2020 memang sempat tertunda lantaran pandemi COVID-19. Pada musim berikutnya atau di tahun 2021 liga bisa kembali bergulir. Namun dalam pelaksanaannya, protokol kesehatan diterapkan secara ketat termasuk regulasi utama adalah ditiadakannya penonton secara langsung.