Jelang Seri Ketiga Liga 1, LIB: Kemungkinan Uji Coba Kehadiran Penonton di Pekan 14
Liga 1 Indonesia musim 2021 (Instagram @liga1match)

Bagikan:

JAKARTA - Angin segar untuk para pecinta sepak bola Tanah Air mulai terasa, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku penyelenggara kompetisi mulai mempertimbangkan kehadiran penonton secara langsung di lapangan.

LIB mengungkap adanya kemungkinan mendatangkan penonton dalam seri ketiga kompetisi Liga 1 2021. Hal itu akan mulai dicoba pada pekan ke-14 atau 15.

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita menerangkan persiapan uji coba penonton di Liga 1 2021 telah memasuki tahap akhir. Kemungkinan, uji coba kehadiran penonton bakal dilakukan di Stadion Manahan, Solo.

Ia juga menyebut bahwa PT LIB punya tim sendiri untuk merancang kehadiran penonton. Ia telah menerima informasi bahwa penyusunan sudah memasuki tahap akhir sehingga bisa dicoba pada akhir November atau awal Desember.

"Ada tim khusus yang saya bentuk dari LIB juga. Mungkin dalam minggu ini atau minggu depan akan presentasi ke kami dan katanya sudah tahap akhir," kata Akhmad dalam informasi yang diterima VOI, Senin, 15 November.

"Kalau di Jawa Tengah mungkin yang dipakai Stadion Manahan, karena satu-satunya yang pakai number seat. Kalau pekannya saya agak lupa, mungkin 14-15," ia menambahkan.

Meski sudah mengungkap kemungkinan menghadirkan penonton di pekan ke-14 atau 15, tapi Akhmad masih belum memberikan informasi laga mana yang akan dihadiri penonton. Pasalnya, masih ada pertimbangan yang terus dimatangkan termasuk soal koordinasi bersama pemerintah.

"Ada risiko-risiko yang apakah big match, apakah seru match, atau apa. Ini yang lagi kita pertimbangkan. Tapi jujur, ini juga semua harus kita presentasikan ke pemerintah," jelas Akhmad.

Kabar ini menjadi angin segar bagi para pecinta sepak bola dan suporter Tanah Air, sebab sejauh ini, Liga 1 dan Liga 2 berjalan tanpa penonton karena pandemi COVID-19. Protokol kesehatan sangat ketat pun diterapkan hingga pembatasan orang di stadion sebanyak 299 orang.

Sementara saat uji coba, kabarnya stadion boleh diisi hingga 1000 orang termasuk di dalamnya, pemain, perangkat pertandingan, panitia pertandingan serta para undangan.