Menpora Zainudin Amali Ketemu Jokowi, Laporan soal KLB PSSI dan Piala Dunia U-20 2023
Menpora Zainudin Amali. (Dok. Situs Kemenpora)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Selasa, 1 November. Dia melaporkan beberapa agenda.

Satu di antaranya adalah rencana Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mempercepat kongres luar biasa (KLB). Menpora kembali menegaskan, pemerintah tidak akan ikut campur.

"Pemerintah dalam posisi tidak ikut campur, apalagi intervensi dalam pelaksanaan KLB yang sudah diputuskan PSSI karena itu menjadi ranah mereka. Silakan dilaksanakan sesuai dengan apa yang telah diputuskan," ujar Menpora seperti dilansir dari situs resmi Kemenpora, Selasa, 1 November.

PSSI sudah mengirimkan surat kepada FIFA terkait percepatan KLB. Agenda ini dijadwalkan berlangsung pada 18 Maret 2023.

Selain KLB PSSI, Menpora juga melaporkan persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi ingin memastikan kesiapan tempat-tempat yang akan digunakan dalam Piala Dunia U-20.

"Tadi juga Pak Presiden menanyakan tentang kesiapan venue-venue yang sebentar lagi akan direnovasi karena FIFA kan mau supaya semua venue utama maupun lapangan-lapangan latihan itu harus direnovasi diperbaiki tetapi tidak mayor dan minor saja," ujar Menpora Amali.

Saat ini, venue Piala Dunia U-20 yang masih dalam tahap renovasi adalah Stadion Gelora Bung Tomo. Proses renovasi mendapatkan pendampingan langsung dari FIFA.