Bagikan:

JAKARTA – Zainudin Amali memastikan dirinya akan tetap bersedia membantu Indonesia FIFA U-20 World Cup 2021 Organizing Committee (INAFOC) sekalipun dirinya sudah tidak menjabat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Amali resmi meletakkan jabatan Menpora setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima pengunduran dirinya pada Senin, 13 Maret 2023. Keputusan menarik diri setelah ia terpilih menjadi wakil ketua umum PSSI.

Melepas jabatan Menpora otomatis membuat Amali juga merelakan posisinya sebagai ketua INAFOC. Meski demikian, ia bersedia direpotkan untuk menyambut Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

"Saya akan tetap membantu. Komitmen saya kepada Bapak Presiden saya akan membantu FIFA U-20 dan kegiatan-kegiatan olahraga," kata Amali saat meninjau Stadion Utama Gelora Bung Karno menemani Ketum PSSI, Erick Thohir.

Amali juga menyampaikan, akan tetap berada dekat dengan dunia olahraga. Ia pun terbuka memberikan kontribusi untuk menyukseskan Piala Dunia U-20 nanti.

"Nanti ditugaskan apa saya akan mengerjakannya karena ini bukan urusan pribadi, melainkan negara. Saya ditugaskan sebagai apa terserah. Jaga-jaga rumput atau apa saja," kata dia.

Piala Dunia U-20 2023 akan digelar 20 Mei-11 Juni di enam kota. Selain Jakarta, stadion lain yang akan dipakai adalah Gelora Sriwijaya (Palembang), I Wayan Dipta (Bali), Mahanan (Solo), Si Jalak Harupat (Bandung), dan Bung Gelora Tomo (Surabaya).

Total sebanyak 24 negara sudah memastikan diri lolos dan akan bertanding di putaran final nanti. Itu termasuk Indonesia yang mendapat tiket otomatis karena berstatus tuan rumah.