Rumput SUGBK Rusak Setelah Konser Blackpink, Erick Thohir: Direksi Menyanggupi soal Perbaikan
Ketua Panitia Penyelenggara Piala Dunia U-20 2023 yang juga Ketum PSSI, Erick Thohir, saat memeriksa kualitas rumput SUGBK, Senin, 13 Maret 2023. (Foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA – Kondisi rumput di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) terlihat rusak di beberapa titik usai dipakai dua hari buat konser Blackpink, akhir pekan kemarin. Kerusakan paling kentara terjadi di sisi barat.

Di lokasi itu ada sebagian rumput terlihat tercabut dari tempatnya sehingga tanah pun terlihat jelas. Selain itu, rumput juga terlihat bergaris dan menguning karena ditutup selama beberapa hari.

Ketua Panitia Penyelenggara Piala Dunia U-20 2023 (LOC), Erick Thohir, sudah meminta kepada pengelola agar kondisi lapangan sudah dalam bagus kembali saat FIFA melakukan inspeksi final persiapan Piala Dunia U-20 2023.

"Ya, tadi direksi GBK sudah menyanggupi untuk perbaikan yang ada," kata Erick Thohir saat melakukan kunjungan pada Senin, 13 Maret 2023.

Induk sepak bola internasional (FIFA) akan melakukan audit akhir FIFA tanggal 21-27 Maret 2023 mendatang. Jika ada stadion yang tidak sesuai standar, FIFA sudah pasti akan mencoretnya.

"Tentu kami dampingi (untuk perawatan). Kami juga tidak akan meninggalkan direksi (SUBK sendirian). Kompleksitas merawat rumput ini bukan seperti di rumah halaman kita. Saya juga melihat ini standar FIFA semakin hari semakin tinggi. Inilah persepsi harus sama," ujar dia.

Sementara itu, Presiden Karya Rama Prima, Qamal Mustaqim mengatakan, problem yang dihadapi pihaknya adalah event yang digelar di stadion megah tersebut.

"Problem di Jakarta hanya satu jangan dipakai lagi selama dua bulan ke depan, karena rumput ini tumbuh jadi nanti pada saat sekitar minggu ketiga Maret ada sticing. Yang dikatakan hybrid, yang sticing ini. Jadi, enam lapangan harus standar FIFA dan itu harus di sticing," ujar Qamal.

Dia kemudian menjelaskan, sticing adalah proses menjahit rumput sintesis ke dalam rumput asli. "Untuk pengoperasiannya hanya seminggu, tapi persiapannya tidak boleh seperti tadi, ada yang botak," tuturnya.

"Oleh karena itu, rumput asli harus stabil dulu. Untuk stabil perlu waktu sebulan. Tadinya Jakarta sticing nomor satu, tapi kami geser jadi nomor tiga. Kalau ada even digeser lagi. Jadi mohon PSSI tidak ada event lagi," lanjut Qamal.

Sebelumnya sempat muncul kabar soal kemungkinan FIFA mencoret dua dari enam stadion yang akan digunakan nanti. Namun, Erick bersikeras kalau bisa hal itu tidak terjadi.

Piala Dunia U-20 2023 akan digelar 20 Mei-11 Juni di enam kota. Selain Jakarta, stadion lain yang akan dipakai adalah Gelora Sriwijaya (Palembang), I Wayan Dipta (Bali), Mahanan (Solo), Si Jalak Harupat (Bandung), dan Bung Tomo (Surabaya).

Total sebanyak 24 negara sudah memastikan diri lolos dan akan bertanding di putaran final nanti. Itu termasuk Indonesia yang mendapat tiket otomatis karena berstatus tuan rumah.

Pengundian grup akan dilakukan pada 31 Maret mendatang di Bali. Indonesia sudah otomatis masuk di dalam Grup A kompetisi kelompok umur itu.