Timnas Indonesia Kontra Burundi dan Laga Tunda Persija Vs Persib Dipastikan Tidak Digelar di SUGBK
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. (Foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA – Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan pertandingan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia melawan Burundi tidak akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta. Begitu juga dengan laga tunda Persija Jakarta kontra Persib Bandung.

Stadion kebanggaan Indonesia itu saat ini sedang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023. Event besar tersebut tinggal hitungan bulan sehingga tidak memungkinan digunakan untuk acara lain.

"Nanti kami carikan lapangan [buat pertandingan Indonesia versus Burundi]. Banyak lapangan di Indonesia," kata Erick ketika meninjau lapangan SUGBK pada Senin, 13 Maret 2023.

Indonesia melawan Burundi akan berlangsung pada 25 dan 28 Maret mendatang. Sempat muncul wacana pertandingan akan digelar di stadion dengan kapasitas lebih dari 80 ribu tersebut.

Namun, pengecualian untuk kali ini karena fokus SUBK saat ini adalah perbaikan menyambut Piala Dunia U-20 nanti. Terlebih lapangan itu baru dipakai buat konser Blackpink selama dua hari akhir pekan kemarin.

Selepas acara itu, kondisi rumput pun terlihat bergaris dan menguning karena ditutup selama beberapa hari. Di sisi barat lapangan, sebagian rumput bahkan tampak tercerabut dari tempatnya.

Erick mengatakan karena acara Piala Dunia sudah begitu dekat maka SUBK tidak bisa dipakai lagi untuk acara apa pun.

"Semua acara kita tidak membeda-bedakan, baik hiburan, olahraga tidak dimungkinkan lagi. Ini bukan masalah pilihan salah dan benar, tapi ini kebijakan yang harus kita ambil kalau kita tidak mau gagal. Apalagi pembukaan ada di sini," kata dia.

SUGBK adalah satu dari enam stadion yang akan dipakai buat Piala Dunia U-20 yang berlangsung dari 20 Mei hingga 11 Juni nanti. FIFA pun akan melakukan inspeksi final pada 21-27 Maret mendatang.

Kemungkinan pencoretan dua dari enam stadion itu masih terbuka jika tidak memenuhi standar yang dipatok induk sepak bola internasional tersebut.