LOC Piala Dunia U-20 2023 Bicara soal Konser Raisa dan Blackpink di SUGBK: Kami Terus Komunikasikan ke FIFA
Lead Projet LOC (Local Organizing Committee) Piala Dunia U-20 2023, Maaike Ira Puspita. (Foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Lead Projet LOC (Local Organizing Committee) Piala Dunia U-20 2023, Maaike Ira Puspita, terus berkomunikasi dengan FIFA terkait penggunaan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sebagai venue konser Raisa dan Blackpink.

Sebelumnya, penyelenggaraan konser Raisa dan Blackpink di SUGBK menjadi polemik. Pasalnya, acara itu diperkirakan akan merusak rumput stadion yang siap digunakan untum penyelenggaraan ajang kelompok umur paling bergengsi itu.

"Sebenarnya kalau untuk itu [konser] kami sudah komunikasi terus. Kami punya working group antara LOC dengan pihak stadion manajer. Selain itu, kami juga komunikasi terus dengan FIFA," kata Ira saat ditemui di Stadion Gelora Bung Karno, Kamis, 9 Februari 2023.

FIFA sebelumnya pada Desember lalu sempat melayangkan surat balasan ke PSSI untuk melarang kegiatan apa pun digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Larangan itu dikeluarkan setelah berkonsultasi dengan para petinggi FIFA.

Mereka menegaskan, menggelar dua konser dalam waktu berdekatan dengan berbagai persiapan dan pembongkaran bisa merusak rumput stadion. Jika itu terjadi, pihak mereka akan kesulitan menerapkan manajemen lapangan.

Ira mengatakan, sampai saat ini pihaknya hanya mendapat masukan dari FIFA terkait semua rencana kegiatan di SUGBK. Masukan yang diterima LOC pun kemudian dikomunikasikan lagi ke pihak stadion.

"Kalau untuk yang konser yang Februari sudah kami komunikasikan. Kemarin ada inspeksi rumput. Jadi, kita tunggu saja hasilnya. Kita bicara lewat data. Jadi, kalau untuk konser-konser ini dari awal tahun sudah kami komunikasikan," ujar Ira.

Raisa rencananya akan menggelar konser di Gelora Bung Karno pada 25 Februari mendatang. Sementara itu, Blackpink akan menyusul dengan konser selama dua hari pada 11 sampai 12 Maret mendatang.

Stadion Utama Gelora Bung Karno adalah satu dari enam venue yang akan digunakan untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023. Lima stadion lain yang dipakai adalah Jalak Harupat (Bandung), Stadion Bung Tomo (Surabaya), Manahan (Surakarta), I Wayang Dipta (Bali), dan Gelora Sriwijaya (Palembang).

Ajang yang diikuti oleh 24 tim nasional kelompok umur ini akan berlangsung dari 20 Mei sampai 11 Juni 2023. Total sudah ada 14 tim yang memastikan diri lolos, termasui Indonesia yang otomatis masukan putaran final karena status sebagai tuan rumah.

Adapun 13 negara lainnya adalah Brasil, Uruguay, Italia, Inggris, Slovakia, Fiji, Selandia Baru, Amerika Serikat, Honduras, Republik Dominikas, Gutemala, Prancis, dan Israel. Dengan demikian, masih ada 10 tiket yang akan diperebutkan.