BLACKPINK dan Raisa Terancam Batal Konser di GBK, APMI Turut Buka Suara
BLACKPINK (Twitter @blackpink)

Bagikan:

JAKARTA - Isu festival musik terancam digelar terus berkembang. Bukan hanya festival, kini konser berskala stadium juga terancam batal setelah pernyataan Menpora Zainudin Amali.

Sebelumnya, Zainudin Amali menyatakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) tidak bisa digunakan untuk konser karena persiapan Indonesia untuk Piala Dunia U-20 pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Alhasil konser BLACKPINK dan Raisa yang dijadwalkan di SUGBK terancam batal. Diketahui tiket penjualan konser BLACKPINK akan dijual pekan depan sedangkan Raisa sudah menjual tiket konsernya.

Emil Mahyuddin selaku Sekretaris Jenderal Asosiasi Promotor Musik Indonesia (APMI) menjelaskan bahwa sebuah pengumuman konser tidak diumumkan jika belum memegang surat izin.

“Menyikapi soal terancam batalnya BLACKPINK atau Raisa di SUGBK itu, kami merujuk kepada pengalaman kami. Mereka (promotor) itu biasanya berani mengumumkan karena sudah memegang surat izin dari venue,” kata Emil Mahyuddin di M Bloc Space pada Kamis, 3 November.

"Padahal dalam praktiknya, itu dilakukan secara paralel sembari mengurus izin keramaian. Karena izin keramaian juga biasanya keluar tak lama sebelum event digelar," lanjutnya.

Ada beberapa tahapan untuk promotor mendapat izin penyelenggaraan konser. Namun bicara venue, Emil mengakui Indonesia tidak punya venue konser yang berfokus kepada musik alhasil seringkali promotor menggunakan stadion atau lapangan militer.

Di sisi lain, penggunaan stadion atau lapangan militer juga memiliki benefit. Keamanan yang terjamin membuat stadion menjadi pilihan untuk penyelenggaraan konser.

"Risikonya ya kalau venue itu diperlukan sewaktu-waktu, ya sangat mungkin event itu dibatalkan. Sangat mungkin batal meskipun semua surat izin sudah diurus ataupun sudah keluar," kata Emil lagi.

Zainudin mengatakan SUGBK tidak bisa digunakan untuk kegiatan lain karena fokus untuk Piala Dunia.

"Bagi yang sudah selesai, itu tidak diizinkan dipergunakan untuk kegiatan lain. Itu clear betul. GBK itu kan punya negara," kata Zainudin.

Raisa direncanakan konser pada 25 Februari 2023, sedangkan BLACKPINK dijadwalkan konser pada 11-12 Maret 2023.