Belum Final, Pihak GBK Usahakan Konser BLACKPINK dan Raisa Tetap di Stadion Utama
BLACKPINK (Twitter @blackpink)

Bagikan:

JAKARTA - Pihak Pengelola Gelora Bung Karno (GBK) masih mengupayakan agar konser BLACKPINK dan Raisa tetap diadakan di Stadion Utama. Dua konser tersebut berpotensi menjadi keuntungan untuk menutupi biaya operasional kompleks GBK.

"Insyaallah 50 persen. Khusus pengelolan stadion utama, kami memang menggunakan dana pengelolaan sendiri. Itu tidak seperti renovasi besar, contohnya ketika Asian Games 2018 dan pembangunan Indonesia Arena untuk Piala Dunia FIBA 2023, yang dibantu Kementerian PUPR," kata Rakhmadi Afif Kusumo melansir ANTARA pada Selasa, 8 November.

Rakhmadi menyebut konser BLACKPINK dan Raisa bisa menutupi hingga 50 persen biaya operasional SUGBK. Meski tidak merinci, ia menjelaskan biaya perawatan kompleks GBK mencapai Rp20 miliar per bulan.

Jumlah itu dinilai besar mengingat GBK terhitung sebagai Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Kementerian Sekretariat Negara. Oleh karena itu, mereka tidak masuk dalam pembiayaan APBN.

Belum lagi masa pandemi COVID-19 yang membuat proses perawatan terus berjalan meski tidak ada penggunaan fasilitas.

"Masa pandemi itu sangat berat bagi kaki yang harus bertahan tanpa adanya penggunaan fasilitas untuk olahraga dan nonolahraga tetapi kami mesti terus melakukan perawatan," kata Rakhmadi lagi.

Pihaknya berharap konser BLACKPINK dan Raisa tetap bisa diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Rakhmadi menilai keduanya adalah bagian dari ekonomi kreatif yang memberi efek domino.

"Kami selektif dalam memilah kegiatan di SUGBK. Kami hanya mau memberikan kesempatan untuk kegiatan yang berdampak positif, memajukan ekonomi kreatif dan memberikan efek ganda," kata Rakhmadi.

Sebelumnya Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyatakan semua stadion untuk Piala Dunia U-20 2023 tak boleh digunakan untuk kegiatan-kegiatan mulai November 2022.

Hal ini membuat publik mempertanyakan status konser BLACKPINK pada 11-12 Maret 2023 dan Raisa pada 25 Februari 2023. BLACKPINK akan menjual tiket konsernya dalam waktu dekat sedangkan tiket konser Raisa sudah mulai dijual.

Piala Dunia U-20 2023 akan dilaksanakan pada 20 Mei-11 Juni tahun depan di enam stadion yang meliputi SUGBK di Jakarta, Stadion Jakabaring di Palembang, Stadion Si Jalak Harupat di Bandung, Stadion Manahan di Solo, Stadion Gelora Bung Tomo  di Surabaya dan Stadion Kapten I Wayan Dipta di Bali.

Terkait