Waketum PSSI Jadi Wakil Menpora di Kepanitiaan Piala Dunia U-20
Menteri Pemuda Olahraga Zainudin Amali (tengah kanan) dan Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto (tengah kiri) saat meninjau GBK Arena, Jumat 10 Juli (Foto: Kemenpora)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto, ditunjuk sebagai sebagai wakil ketua Indonesia FIFA U-20 World Cup 2021 Organizing Committee (INAFOC). Hal ini disampaikan langsung Ketua INAFOC yang juga Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, Jumat 10 Juli.

Penunjukkan Iwan ini membuktikan penyataan Menpora sebelumnya yang akan mengambil sosok dari beberapa stakeholder dalam kepanitiaan INAFOC, termasuk PSSI. Namun, Menpora belum bisa mengumumkan nama lain. Pasalnya, masih menunggu FIFA membentuk susunan kepanitiaan.

"Pak Iwan Budianto akan menjadi wakil ketua penyelenggara. Nama lain belum bisa diumumkan,"

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali
 

Sementara itu, Iwan Budianto mengatakah harus ada kerja sama yang bagus untuk menyukseskan penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Banyak hal yang harus dikoordinasikan karena harus melibatkan banyak pihak, seperti kementerian dan lembaga lainya. Menurutnya, hal itu yang akan menjadi pekerjaan rumah penyelenggara.

"Yang pasti PR nya nanti mengoordinir dari kementerian atau lembaga lainya, seperti Kementerian PU PR, Menkominfo dan yang lainnya," tutur pria yang juga CEO Arema FC itu. 

Iwan tidak ingin semua pihak berjalan sendiri-sendiri. PSSI selaku federasi, lanjutnya, harus menjaga integritasnya dan tidak mau juga PSSI dianggap tidak kapabel.

"Namun, kita harus sampaikan juga faktanya bahwa tangan kami (PSSI) tidak bisa menjangkau kementerian-kementerian lain, karena itu dibentuklah INAFOC dan itu bukan sesuatu yang melanggar, karena ini memang harus kerja antara PSSI dan pemerintah," tegasnya.

Iwan kemudian tak menampik banyak hal yang harus dipersiapkan. Masalah venue dinilai menjadi hal yang paling menyita perhatian.

"Dalam situasi COVID-19 ini sebenarnya kita banyak diberi kemudahan oleh FIFA dan itu yang harus kita komunikasikan dengan baik," tambahnya. 

Pilih Kantor INAFOC

Selain menunjuk Iwan Budianto sebagai wakil ketua penyelenggara, Menpora juga memilih GBK Arena sebagai kantor sekretariat INAFOC. GBK Arena yang merupakan bekas kantor panitia pelaksana Asian Para Games 2018 (INAPGOC), dinilai memiliki beberapa fasilitas gedung yang masih terjaga dengan baik dan tempatnya sangat strategis untuk melayani peserta.

Politisi Partai Golkar itu menambahkan, semua aktivitas kepanitiaan akan terpusat di sini. Dari berbagai unsur, dari Kemenpora, PSSI, dari kementerian lembaga lainnya, dan berbagai pihak yang masuk di dalam kepanitiaan, akan berkantor di GBK Arena.

"Yang akan tiap hari di sini adalah Pak Iwan Budianto," kata Menpora.