Evander Holyfield: Kaya di Masa Jaya, Bangkrut dan Jual Rumah Senilai Rp84,4 Miliar di Akhir Karier
Evander Holyfield (Instagram @evanderholyfield)

Bagikan:

JAKARTA - Legenda tinju Evander Holyfield terkenal dan memiliki harta berlimpah saat masih aktif bertinju. Tapi, dia terpaksa menjual rumah mewahnya kepada rapper Rick Ross setelah mengalami kesulitan keuangan menjelang akhir kariernya.

Dikenang dengan dua kemenangannya atas Mike Tyson dan hasil imbang dengan Lennox Lewis, Holyfield adalah juara tak terbantahkan di kelas penjelajah dan kelas berat.

Pria berusia 58 tahun, yang saat ini sedang dalam pembicaraan dengan Iron Mike mengenai trilogi sensasional meskipun usia mereka sudah lanjut, akhirnya mencemari rekor bagusnya di atas ring dengan tujuh kekalahan dalam 14 pertarungan.

Pertarungan profesional terakhirnya terjadi pada usia 48 tahun tahun 2012, dengan kemenangan atas Brian Nielsen. Pertarungan ini terjadi tiga tahun setelah rumahnya dijual karena kebutuhan mendesak.

Rumah besar dengan 109 kamar di kampung halamannya di Atlanta itu diberi label sebagai monumen kesuksesannya. Tetapi, dilelang pada 2008 dan jatuh ke tangan Ross seharga 4,2 juta poundsterling (Rp84,4 miliar).

Pemberitahuan hukum dari Washington Mutual Bank pada bulan Juni 2008 mengungkapkan bahwa tanah seluas 54.000 kaki persegi itu akan dilelang karena penyitaan.

talkSPORT melaporkan, tiga perceraian dan usaha bisnis yang gagal berdampak pada kekayaan Holyfield. Seperti halnya pembayaran untuk sebelas anaknya dari enam ibu yang berbeda.

Sementara itu, The Independent mengungkap pada 2012 bahwa Holyfield bangkrut meski menghasilkan 350 juta poundsterling (Rp6,4 triliun) selama kariernya.