Bagikan:

JAKARTA - Pemain Timnas Indonesia, Nathan Tjoe-A-On, tampil untuk Swansea City di Carabao Cup 2024/2025. Namun, kehadiran Nathan tak bisa menyelamatkan tim dari kekalahan hingga akhirnya tersingkir dari turnamen tersebut.

Swansea City tampil menghadapi klub kasta ketiga, Wycombe Wanderers, pada Kamis, 29 Agustus 2024, dini hari WIB. Namun, hasil akhir menunjukkan bahwa Wycombe lebih kuat karena mampu menutup laga dengan kemenangan 1-0.

Pada laga putaran kedua yang berlangsung di Stadion Swansea.com, pemain serbabisa Timnas Indonesia, Nathan Tjoe-A-On, dipercaya menjadi starter. Pelatih klub, Luke Williams, menempatkan Nathan sebagai bek kiri saat menghadapi Wycombe.

Meski berstatus tim tamu, Wycombe memberikan ancaman lebih dulu kepada Swansea. Terbukti mereka memberikan ancaman lewat tendangan kaki kanan Josh Scowen dari luar kotak penalti yang beruntung masih bisa digagalkan kiper Vigoroux.

Sepanjang 20 menit awal, Wycombe terlihat lebih nyaman memainkan bola ketimbang tuan rumah. Sementara Swansea terlihat terus dalam tekanan.

Lepas waktu tersebut, Swansea baru bisa bangkit dengan memberikan ancaman kepada Wycombe. Lewat sundulan Zan Vipotnik dari tengah kotak penalti nyaris membuka angka, tapi upaya itu masih melenceng.

Swansea dan Wycombe saling berbalas serangan. Akan tetapi, Wycombe berhasil memanfaatkan satu peluang menjadi gol pada menit ke-40. Bermula dari lemparan ke dalam Wycombe di sisi kiri pertahanan Swansea yang dijaga Nathan, lini belakang The Swans lengah.

Striker Wycombe Richard Kone yang berada di kotak penalti memberikan bola kepada Matt Bucther. Butcher sedikit menggiring bola, lalu mengoper kembali kepada Kone.

Tanpa penjagaan ketat pemain lawan, Kone melepaskan tendangan kaki kiri yang tidak bisa diantisipasi Vigoroux. Wycombe unggul 1-0.

Tertinggal 0-1 pada babak pertama membuat Swansea mencoba bangkit di babak kedua. Pada menit ke-54, sundulan Jay Fulton bisa diblok pertahanan lawan.

Pelatih Luke Williams melakukan perubahan taktik setelah Swansea tidak kunjung bisa mencetak gol balasan hingga menit ke-57. Pada momen ini Nathan Tjoe-A-On digantikan Josh Tymon pada menit ke-58.

Setelah Nathan keluar, hingga menit ke-70 tuan rumah masih kesulitan untuk melepaskan tendangan tepat sasaran.

Peluang baru tercipta saat Joe Allen melepaskan umpan silang kepada Ronald pada menit ke-77. Namun, pertahanan Wycombe lebih dulu mematahkan kans tersebut. Tendangan kaki kiri Joe Allen pada menit ke-87 juga masih melayang di atas gawang lawan.

Tanpa tambahan gol pada sisa waktu, Wycombe menang 1-0 atas Swansea. Kekalahan ini membuat Swansea tersingkir dari putaran kedua Carabao Cup 2024/2025.