Bagikan:

JAKARTA - Tim promosi Ipswich Town menjadi satu-satunya dari Premier League Inggris yang tersingkir di babak kedua Carabao Cup pada pertandingan Kamis 29 Agustus 2024 dini hari WIB. Sementara West Ham United dan Wolverhampton Wanderers bertahan di kompetisi kasta ketiga Inggris ini.

Ipswich yang kembali ke kasta tertinggi Liga Inggris setelah lama berkutat di Divisi Championship masih belum mampu meraih kemenangan. Setelah dua kali menelan kekalahan di pertandigan Premier League, Ipswich juga memperpanjang tren buruk di Carabao Cup.

Berlaga di babak kedua Piala Liga Inggris, Ipswich sesungguhnya menghadapi tim dari kasta ketiga atau League Two Wimbledon. Namun The Tractor Boys tak berkutik dan kalah adu penalti 4-2 (2-2) dalam duel di kandang Wimbledon di Stadion The Cherry Red Records, London.

Kegagalan itu melengkapi hasil buruk Ipswich yang mengalami kekalahan di kompetisi domestik. Hanya, Ipswich memang mendapat jadwal apes saat mengawali liga.

Bagaimana tidak, tim asuhan Kieran McKenna sudah harus bertemu tim elite Liverpool di laga perdana. Pada laga berikutnya, mereka kembali bertemu tim yang tidak kalah hebat, yaitu juara bertahan Manchester City.

Hasilnya, Ipswich menempati zona degradasi. Bila tidak membenahi performa agar bisa meraih poin, mereka bakal 'mampir ngombe' di Liga Premier dan kembali ke Championship musim depan.

Saat berlaga di Carabao Cup, Ipswich berharap bisa memperpanjang napas. Apalagi, mereka bertemu tim dari kasta ketiga.

Tanda-tanda kemenangan sudah terlihat di awal pertandingan. Terbukti, pertandingan baru berjalan tiga menit, Ipswich sudah mencetak gol. Striker timnas Irak Ali Al-Hamadi sukses membobol gawang tuan rumah.

Namun Ipswich gagal mempertahankan keunggulan. Saat babak pertama menjelang usai, The Dons berhasil menyamakan skor Omar Bugiel. Skor berubah 1-1 saat turun minum.

Wimbledon kemudan berbalik unggul setelah penyerang Matthew Stevens mencetak gol di menit 56. Ipswich yang nyaris kalah akhirnya lolos setelah Conor Chaplin menaklukkan kiper Owen Goodman saat laga tersisa empat menit lagi.

Skor akhir 2-2 dan pertandingan dilanjutkan adu penalti. Dari lima eksekutor Wimbledon, hanya gelandang Jake Reeves yang gagal. Sedangkan Ipswich baru menyelesaikan empat penalti, namun dua di antaranya, Liam Delap dan Jack Taylor, gagal. Penendang kelima Ipswich tak melakukan eksekusi karena Wimbledon sudah unggul 4-2.

"Kemenangan ini menjadikan karier manajerial saya sebagai sorotan. Ini untuk ketiga kalinya saya bertemu degan Kieran sebagai manajer tim. Pada dua laga sebelumnya saya memetik hasil tak bagus," ucap manajer Wimbledon Johnnie Jackson.

"Mengalahkan manajer muda bertalenta seperti dia jelas sangat istimewa. Saya senang dengan hasil pertandingan ini. Apalagi kami mengalahkan tim Premier League. Ini sungguh luar biasa," katanya lagi.

Pada pertandingan lain yang juga digelar di London, West Ham menaklukkan tim sesama Premier League Bournemouth 1-0. Satu-satunya gol kemenangan The Hammers dihasilkan Jarrod Bowen di menit 88.

Kemenangan itu menjadikan West Ham mampu mempertahankan konsistensi. Pada laga terakhir di Liga Inggris, West Ham menghajar Crystal Palace 2-0 dalam London Derby.

Wolverhampton yang saat ini menduduki peringkat 19 atau berada di zona degradasi setelah terlambat start di kompetisi memetik kemenangan 2-0 atas tim Championship Burnley. Striker Goncalo Guedes mencetak brace di laga tersebut.

Sementara, Southampton harus bekerja keras sebelum mengatasi perlawanan tuan rumah Cardiff City dan menang 5-3 di Stadion Cardiff City. Kedua tim sempat bergantian mencetak gol sehingga skor 3-3. Southampton akhirnya meraih kemenangan lewat dua gol di injury time.

Bek James Bree membobol gawang tuan rumah di menit 90+1 yang mengubah skor menjadi 4-3. Selanjutnya, Cameron Archer memantapkan keunggulan The Saint setelah mencetak brace di menit 90+4. Sedangkan Brentford menang tipis atas Colchester United FC, klub Divisi Tiga.