Menangi London Derby, West Ham Singkirkan Arsenal di Carabao Cup
Pemain depan West Ham United Jarrod Bowen.merayakan gol di laga melawan Arsenal di Carabao Cup. (Twitter @WestHam)

Bagikan:

JAKARTA - Arsenal babak-belur di kandang West Ham United. Dalam duel London Derby di babak keempat Carabao Cup di Stadion London, Kamis, 2 November dini hari WIB, West Ham menghajar Arsenal 3-1. Sukses menyingkirkan rivalnya, West Ham lolos ke perempat final.

Arsenal yang sesungguhnya menjadi salah satu favorit juara justru tumbang lebih dulu. West Ham, tim tetangga satu kota, yang menjadi penghalang laju dari The Gunners.

Ya, West Ham yang menduduki peringkat sembilan di klasemen Premier League Inggris selalu ngotot saat bertemu tim sesama London. Bahkan Chelsea dihabisi 3-1 The Hammers di pertandingan liga.

Sebaiknya, ini menjadi kekalahan pertama Arsenal di laga derby di berbagai kompetisi. Sebelumnya, Arsenal tak pernah kalah setiap kali menghadapi lawan dari London di liga. Hanya saja kekalahan ini mengakibatkan mereka tersingkir di Carabao Cup.

Di pertandingan itu, Arsenal tampil dengan wajah berbeda karena manajer Mikel Arteta melakukan perombakan skuat. Pasalnya sebagian pemain pilar seperti striker Gabriel Jesus mengalami cedera sehingga absen.

Sedangkan kapten Martin Odegaard dibangkucadangkan. Mereka yang selama ini lebih banyak duduk di bangku cadangan pun masuk starting line up.

Kiper Aaron Ramsdale yang kehilangan tempat karena diambil alih David Raya kembali berdiri di bawah mistar. Hanya dia harus menerima kenyataan gawangnya kebobolan sampai tiga kali. Termasuk oleh rekan sendiri saat bek Ben White yang melakukan blunder dengan membuat gol bunuh diri di menit 16.

Gol berawal dari sepak pojok West Ham yang dilakukan pemain depan Jarrod Bowen. Terjadi kemelut di depan gawang dan White hendak membuang bola. Sayangnya, sundulan dia malah meluncur ke gawang sendiri.

West Ham pun mengawali laga dengan keunggulan 1-0. Tidak ada lagi gol yang tercipta meski Arsenal lebih aktif menekan pertahanan tuan rumah setelah kecolongan gol. Keunggulan satu gol West Ham bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, Arsenal tetap bermain agresif dan mengambil inisiatif menyerang. Hanya saja, serangan mereka dengan gampang kandas di barisan pertahanan The Irons.

Sebaliknya, West Ham berhasil memperbesar keunggulan di menit 50. Pemain sayap Mohammed Kudus yang memanfaatkan assist Nayef Aguerd sukses membobol gawang Ramsdale yang menjadikan West Ham unggul 2-0.

Tuan rumah kian tak terbendung. Sebaliknya, Arsenal yang menduduki peringkat dua klasemen liga mulai kesulitan mengejar ketinggalan.

Bahkan mereka kembali kebobolan di menit 60. Kali ini, giliran Bowen yang memantapkan keunggulan West Ham setelah tendangan voli dia menembus gawang Arsenal.

Arsenal hanya bisa memperkecil kekalahan menjelang akhir pertandingan. Odegaard yang masuk di babak kedua mencetak gol di menit 90+6 sekaligus mengubah skor menjadi 3-1. Skor itu yang bertahan sampai akhir.