Bagikan:

JAKARTA - Pertarungan elite memperebutkan posisi puncak klasemen terjadi antara Liverpool vs Arsenal pada pekan ke-18 Liga Inggris 2023/2024 di Stadion Anfield, Minggu, 24 Desember 2023, dini hari WIB.

Ada permintaan khusus dari Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, kepada suporter agar membanjiri stadion di laga menjelang Natal itu.

Laga big match dua tim teratas itu tak sekadar adu gengsi dan berbalut emosi tinggi dari anggota big six, tetapi juga memperebutkan posisi puncak.

Hanya, posisi tersebut kemungkinan direbut dulu oleh Aston Villa yang menjamu tim papan bawah Sheffield United di Villa Park, Sabtu, 23 Desember 2023, dini hari WIB.

Villa yang menduduki peringkat ketiga juga berpeluang menduduki posisi teratas karena jarak poin sangat dekat.

Namun, Liverpool atau Arsenal akan ke posisi puncak bila salah satu dari mereka bisa mengalahkan lawannya. Ini yang menjadikan laga bakal kian panas dan menegangkan.

Klopp pun sangat berharap fans kembali memenuhi stadion karena ini menjadi kado Natal manis bagi Kopites alias pendukung Liverpool.

Klopp merasa perlu meminta suporter karena hanya sedikit yang datang saat Liverpool menghajar West Ham United 5-1 di perempat final Carabao Cup.

"Kami menghadapi Arsenal, salah satu tim terkuat di Premier League. Mereka tim yang punya fisik kuat. Tim tersebut kian kuat dengan adanya Declan [Rice]," kata Klopp.

"Hanya saya sesungguhnya berat hati mengatakan hal ini. Saya kecewa dengan atmosfer yang ada. Saya bertanya kepada orang-orang, apa yang kalian inginkan?"

"Kami melakukan banyak perubahan dan sepenuhnya mendominasi laga melawan West Ham. Bahkan kami membuang banyak peluang," ujarnya.

Lebih lanjut, Klopp menanyakan apakah Liverpool tak mengulangi pesta tujuh gol saat menghadapi Manchester United.

Apakah hasil imbang 0-0 dalam The Northwest Derby membuat kecewa fans sehingga mereka memilih tidak datang di laga home berikutnya saat menjamu West Ham.

"Jika saya berada di tribun, saya akan berdiri memberi dukungan. Saya tidak tahu apakah laga melawan MU itu buruk dan kami harus minta maaf karena tidak menghajar mereka," ucap Klopp yang meminta suporter untuk memberikan tiketnya bila tidak bisa menonton langsung di stadion.

"Kami butuh atmosfer Anfield yang sesungguhnya di pertandingan ini. Apalagi, kami menghadapi pertandingan yang banyak pada Desember. Bila kalian (suporter) tidak dalam kondisi terbaik, berikan tiket kepada orang lain," kata dia.

Pada laga ini, Klopp kembali menurunkan skuat terbaik. Setelah merotasi pemain saat melawan West Ham, The Reds bakal tampil dengan pemain andalan.

Hanya, pemain yang sudah lama absen karena cedera yang belum bisa tampil. Termasuk bek Joel Matip yang cedera ACL dan Diogo Jota yang belum pulih dari cedera otot.

Striker Darwin Nunez kembali menjadi starter dengan dukungan Mohamed Salah dan Luis Diaz. Gelandang Curtis Jones yang mulai menunjukkan kontribusi bagi tim setelah mendapat kesempatan menjadi starter.

Klop juga tak melakukan perubahan di sektor belakang. Kiper Alisson Becker kembali berdiri di bawah mistar setelah diistirahatkan di laga Carabao Cup.

Sementara, Arsenal kemungkinan kehilangan Takehiro Tomiyasu dan Thomas Partey bila belum sembuh dari cedera. Mereka memang masih menjalani proses pemulihan.

Namun, Manajer Mikel Arteta bisa mengandalkan Kai Havertz yang kian mengilap dengan memberi kontribusi gol. Dirinya kembali menjadi pilar kekuatan lini tengah bersama Rice dan kapten Martin Odegaard.

Trio lini depan, Bukayo Saka, Gabriel Jesus, dan Gabriel Martinelli bakal menjadi ancaman Virgil van Dijk dan kolega. Kiper David Raya pun kembali menjadi pilihan pertama.

Liverpool memang sedikit diunggulkan. Namun, Arsenal jelas bukan lawan enteng karena kedua tim memiliki kedalaman skuat. Mereka pun bisa mengejutkan di Anfield.

Prakiraan Formasi

Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, Konate, Van Dijk, Tsimikas; Szoboszlai, Endo, Jones; Salah, Nunez, Diaz

Arsenal (4-3-3): Raya; White, Saliba, Gabriel, Zinchenko; Odegaard, Rice, Havertz; Saka, Jesus, Martinelli