Bagikan:

JAKARTA – Kompetisi voli Proliga 2025 akan berlangsung selama lebih dari empat bulan. Pembukaan dilangsungkan pada 3 Januari sampai babak final yang jatuh pada 11 Mei 2025.

Jadwal tersebut diumumkan usai pertemuan virtual dengan perwakilan calon klub-klub peserta yang dipimpin langsung oleh Ketua Pelaksana Proliga 2025, Hanny S. Surkatty, pada Rabu, 28 Agustus 2024.

Perwakilan klub dari sektor putra yang mengikuti pertemuan itu adalah Jakarta LavAni Allobank Electric, Jakarta STIN BIN, Jakarta Bhayangkara Presisi, Palembang Bank SumselBabel, Jakarta Pertamina Pertamax, Jakarta Garuda Jaya, serta Surabaya Samator, tim lama yang akan kembali berpartisipasi.

Adapun perwakil sektor putri, yaitu Jakarta BIN, Jakarta Electric PLN, Jakarta Popsivo Polwan, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Bandung Bank bjb Tandamata, dan Jakarta Livin Mandiri.

Waktu pelaksanaan Proliga 2025 juga akan berbeda dengan musim lalu. Untuk tahun ini, babak reguler Putaran Satu dan Dua akan berlangsung dari 3 Januari hingga 23 Februari 2025.

"Setelah itu kompetisi dihentikan selama bulan Ramadhan dan dimulai lagi setelah Lebaran untuk Final Four sampai Grand Final," kata Hanny dalam keterangan yang diterima.

Selanjutnya untuk pertandingan babak Final Four Putaran Satu dan Dua hingga Grand Final akan berlangsung pada 17 April 2025 sampai 11 Mei 2025.

Hanny mengatakan bahwa setiap tim diperkenankan menggunakan dua pemain asing. Aturan tersebut sama dengan yang berlaku pada musim sebelumnya.

"Kalau dulu pemain lokal dan asing setiap klub boleh diganti satu pemain menjelang Putaran Kedua. Sekarang diperkenankan tiga pemain lokal termasuk dua pemain asing sebelum Putaran Satu Final Four pada 17 April 2025," kata dia.

Jadwal Proliga 2025 dipastikan tidak akan bentrok dengan jadwal kejuaraan-kejuaraan internasional seperti yang terjadi pada tahun ini.

Untuk pendaftaran peserta dijadwalkan paling lambat pada 28 Oktober 2024. Ada empat tim yang akan menandatangani kontrak baru, yakni Jakarta Bhayangkara Presisi, Jakarta STIN BIN, Jakarta BIN, serta Surabaya Samator.