Bagikan:

JAKARTA - Inggris menelan kekalahan 1-0 saat melawan Islandia di laga uji coba di Stadion Wembley, Sabtu, 8 Juni 2024 dini hari WIB. Hasil mengecewakan Inggris yang kurang 10 hari lagi menghadapi Serbia di laga pertama Grup C Euro 2024.

Di laga tersebut, manajer Gareth Southgate menurunkan delapan dari 11 pemain yang diprediksi menjadi starter di laga melawan Serbia. Hanya tim yang disebut Southgate perpaduan pemain senior dan mereka yang mash muda gagal memenuhi ekspetasi.

Apalagi. Inggris menghadapi lawan yang memiliki ranking FIFA 71. Islandia pun bukan lagi tim yang pernah lolos ke Piala Dunia 2018.

Mereka dinilai sudah mengalami penurunan dan tak pernah lagi lolos ke putaran final Piala Dunia. Sementara di Piala Eropa, Islandia pernah sekali berlaga di putaran final di Euro 2016.

Bahkan mereka menyingkirkan Inggris di 16 besar. Selanjutnya, Islandia selalu gagal di babak kualifikasi. 

Meski demikian, tim asuhan Age Hareide mampu merepotkan The Three Lions. Islandia yang dimotori gelandang Burnley Johann Berg Guomundsson benar-benar menyulitkan Inggris, terutama di babak kedua.

Di laga itu, Islandia justru mengambil inisiatif menyerang sehingga membuat Inggris bekerja keras memperkuat pertahanan

Hanya gawang Inggris yang kali ini dikawal kiper Arsenal Aaron Ramsdale harus kebobolan saat laga memasuki menit 12. Pemain sayap Jon Dagur Thorsteinsson sukses mencetak gol yang memanfaatkan blunder bek Kyle Walker Ramsdale.

Tertinggal 1-0, Inggris mencoba bangkit. Penyerang Anthony Gordon mendapat peluang bagus di menit 14. Namun sepakannya masih melambung.

Inggris mendapat kesempatan emas menyamakan kedudukan melalui kapten Harry Kane menit 28.

Menerima umpan silang dari Cole Palmer, namun bola sepakan penyerang Bayern Munchen dari jarak dekat ini melayang tipis di atas mistar gawang.

Di babak kedua, Islandia tetap bermain dengan baik dan tak menurunkan tempo permainan. Bahkan mereka nyaris memperbesar keunggulan di menit 63. Namun tendangan Thorsteinsson masih melebar.

Selanjutnya, Rasmdale melakukan penyelamatan gemilang atas sundulan Sverrir Ingason dan tendangan voli Kolbeinn Finnsson.

Saat memasuki menit-menit akhir pertandingan, Inggris masih sempat mengancam pertahanan Islandia.

Namun usaha mereka tak membuahkan hasil. Skor 1-0 untuk Islandia bertahan sampai akhir laga.