Bagikan:

JAKARTA - Inggris mendapat cemooh suporter setelah mengalami kekalahan 1-0 dari Islandia di pertandingan uji coba. Meski dipermalukan tim yang menduduki ranking FIFA 71 dalam duel di Stadion Wembley, Sabtu, 8 Juni 2024 dini hari WIB, namun manajer Gareth Southgate tetap yakin Inggris bisa bersaing di Euro 2024.

Inggris mengakhiri uji coba sebelum terbang ke Jerman dengan hasil mengecewakan. Tidak hanya hasil buruk karena timnas menelan kekalahan, tetapi penampilan di bawah performa dari Harry Kane dkk.

Islandia sukses membobol gawang Inggris yang dikawal Aaron Ramsdale lewat Jon Dagur Thorsteinsson di menit 12. Selanjutnya, Inggris berusaha menekan tim lawan. Namun usaha mereka tak pernah membuahkan hasil.

Kane dan Phil Foden mendapat peluang ekselen untuk mencetak gol. Hanya saja, upaya mereka tak membuahkan hasil. Buntutnya, tim menjadi sasaran cemooh suporter.

Southgate pun memahami bila suporter mencemooh timnas yang bermain di luar ekspetasi. Apalagi, timnas memang bermain kurang bagus.

"Sepenuhnya bisa dipahami. Kami memang bermain buruk. Kami tak cukup baik untuk membuat mereka [suporter] puas dengan permainan kami," kata Southgate.

"Kami memiliki beberapa peluang bagus yang bila diselesaikan akan mengubah pertandingan dan mempengaruhi kepercayaan diri tim lawan. Hanya kami memang memiliki kekurangan di pertandingan ini," ucapnya.

"Anda memang harus bermain baik dan menekan lawan. Anda pun harus bila memenangkan bola untuk bisa menekan. Persoalannya, kami gagal melakukannya. Jadi kami bisa menerima respons mereka," kata dia lagi.

Southgate menuturkan tim sepenuhnya belajar dari kekalahan tersebut. Mereka juga sudah siap melakoni Euro 2024 yang tinggal hitungan hari. Menurut dia tim juga tak perlu dilakukan perombakan setelah kekalahan tersebut.

"Kami sudah siap. Saya katakan kepada pemain tidak semua berjalan seperti yang diinginkan, salah satunya pertandingan ini. Tetapi tidak semuanya terjadi kesalahan. Kami punya peluang memenangkan pertandingan, tetapi kami juga membuang banyak peluang," ujar Southgate.

"Kami tak perlu melakukan perombakan. Apalagi ada beberapa pemain yang belum laam bergabung. Tetapi yang terutama kami tetap fokus," katanya.