Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata menegaskan ditunjuknya Tessa Mahardika menggantikan Ali Fikri sebagai juru bicara lembaga murni karena penyegaran. Proses ini sudah dipertimbangkan sejak lama di tingkat pimpinan.

“Sebenarnya penggantian pelaksana tugas (Plt) Jubir ini sudah dipertimbangkan pimpinan lama,” kata Alexander kepada wartawan saat dikonfirmasi, Sabtu, 8 Juni.

“Mengingat Mas Ali sudah jadi Plt Jubir lebih empat tahun dan yang sudah 12 tahun di KPK. Ada kemungkinan bisa kembali ke instansi asal kapan saja mengembangkan kariernya sebagai jaksa,” sambungnya.

Alexander juga membantah Ali diganti karena sempat mengkritik Pimpinan KPK. Diketahui, Ali sempat angkat bicara perihal kritikan yang disampaikan Ketua Dewan Pengawas (Dewas) KPK Tumpak Hatorangan Panggabean soal kelembagaan saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR RI pada Rabu, 5 Juni.

Ali waktu itu sempat menyebut Pimpinan KPK memang harus mengevaluasi diri setelah banyaknya sorotan. “Kalau saya enggak merasa tersinggung atau baper dengan evaluasi dari staf,” tegas Alexander.

Lagipula, digantinya Ali diklaim Alexander sudah sesuai aturan. Penunjukkan tak begitu saja dilakukan karena seleksi internal dilakukan.

Dirinci Alexander, sistem yang digunakan adalah talent pool bukan open bidding atau membuka kesempatan bagi pihak eksternal untuk mencari pengganti Ali. Sekjen KPK Cahya H. Harefa ditunjuk sebagai nahkodanya dilanjutkan dengan proses wawancara oleh pimpinan.

“Pimpinan ingin ada penyegaran dan jubir yang definitif untuk jangka panjang. Pimpinan (kemudian, red) membentuk tim yang terdiri dari enam pegawai dengan jubir utama Mas Tessa dan kalau berhalangan ada Mas Budi (Budi Prasetyo),” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Tessa Mahardika telah diperkenalkan sebagai Juru Bicara KPK pada Jumat, 7 Juni. Ia telah mengantongi Surat Keputusan (SK) dari pimpinan komisi antirasuah.

“Dalam SK itu ditugaskan yang pertama adalah Tessa Mahardika Sugiarto,” kata Kepala Bagian Humas KPK Yuyuk Andriati Iskak kepada wartawan dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat, 7 Juni.

Yuyuk menjelaskan nantinya Tessa akan dibantu oleh timnya, Budi Prasetyo. “Dan kemudian ada beberapa tim lagi di bawah kepemimpinan tim Jubir KPK,” tegasnya.

Tessa dan Budi akan menjalankan tugas barunya secara efektif saat ini juga. Sementara Ali Fikri saat ini menjabat sebagai Kepala Bagian Pemberitaan KPK.

Usai diperkenalkan, Tessa menyebut akan melanjutkan kerja Ali Fikri dan Ipi Maryati yang tadinya menjabat sebagai juru bicara. “Saya menantikan kerja sama di tim jubir ini dengan teman jurnalis,” ungkapnya.