Bagikan:

JAKARTA - Inggris krisis sektor pertahanan saat melakoni laga pertama Grup C melawan Serbia di Euro 2024. Bek Luke Shaw diragukan tampil. Begitu pula bek tengah John Stones mengalami cedera engkel di laga uji coba melawan Islandia.

Laga perdana Inggris langsung menjadi sorotan. Gara-garanya, Inggris menelan kekalahan 1-0 pada laga uji coba terakhir itu. Meski demikian manajer Gareth Southgate menyatakan tim tetap sudah siapa, apa pun hasil melawan Islandia.

Southgate pun tak panik dengan kekalahan tersebut. Termasuk merombak starting eleven maupun strategi menghadapi Serbia.

Hanya saja, Southgate tetap harus waspada dan tak meremehkan lawan. Apalagi, dirinya menghadapi problem di sektor belakang karena Stones bermasalah dengan engkel. Sementara, Shaw masih belum sepenuhnya fit.

Shaw mengalami cedera otot di pertandingan Manchester United pada Februari lalu. Sejak itu dia tak lagi bermain karena menjalani perawatan. Meski demikian Southgate tetap memanggil salah satu pemain senior di timnas Inggris ini.

Meski Southgate mengambil risiko dengan mempertahankan Shaw, namun full back berusia 28 ini sudah hampir pulih. Hanya, dia mengaku belum pasti apakah bisa tampil melawan Serbia.

"Itu tidak bergantung pada saya. Kami hanya menjalani latihan hari lepas hari," kata Shaw.

"Tentu saya sangat ingin bermain di laga pertama. Tetapi saya tidak ingin tergesa-gesa untuk dimainkan. Pasalnya saya hanya punya satu kesempatan saja. Bila saya merasakan sesuatu, lalu semuanya bakal berakhir. Saya tak ingin itu yang terjadi," ucap dia.

Saat melawan Islandia, Southgate menurunkan duet Stones dan Marc Guehi di jantung pertahanan. Sedangkan Kyle Waler dan Kieran Trippier bermain sebagai full back.

Dengan dicoretnya bek tengah MU Harry Maguire, maka Jarell Quansah yang akan menjadi pelapis di sektor pertahanan.

"Setiap pertandingan memberi kesempatan kami untuk melakukan pembenahan dan perbaikan. Ini menjadikan kami lebih siap menghadapi Serbia," kata gelandang Declan Rice.

Persoalannya, Serbia dilengkapi dengan barisan penyerang yang mumpuni. Striker Juventus Dusan Vlahovic akan menjadi andalan Serbia.

Dirinya ditopang Aleksandar Mitrovic, eks pemain depan Fulham dan Newcastle United yang kini bermain di Al Hilal.

Selain itu ada Andrija Zivkovic, pemain depan PAOK. Di tengah, gelandang Sergej Milinkovic-Savic akan menjadi pengatur permainan tim.