Arsenal Tersingkir, Gol Joshua Kimmich Bawa Bayern Munchen ke Semifinal
Pemain Bayern Munchen merayakan gol Joshua Kimmich (nomor 6) di laga Liga Champions melawan Arsenal. (X/@FCBayern)

Bagikan:

JAKARTA - Bayern harus bersusah payah lolos ke semifinal Liga Champions. Dalam duel kedua perempat final di Stadion Allianz Arena, Kamis, 18 April 2024 dini hari WIB, Bayern menang 1-0 lewat gol Joshua Kimmich.

Kemenangan satu gol sudah cukup membawa Bayern ke semifinal. Hasil itu menjadikan Bayern unggul agregat 3-2. Pasalnya pada laga pertama, mereka bermain imbang 2-2 melawan Arsenal.

Keberhasilan melaju ke semifinal membuka peluang bagi Bayern untuk menutup kompetisi dengan meraih trofi.

Pasalnya Bayern sudah gagal total di kompetisi domestik. Tim asuhan Thomas Tuchel gagal mempertahankan gelar Bundesliga Jerman yang dimenangi Bayer Levekusen.

Mereka juga tersingkir di DFB Pokal atau Piala Jerman. Begitu pula Die Bayern kalah di laga DFL Supercup atau Piala Super Jerman.

Sebaliknya ini untuk ke sekian kalinya Arsenal harus memupus harapan menjadi juara Liga Champions. Dalam sejarah klub, Arsenal belum pernah memenangi trofi kuping lebar.

Ini juga menjadi kekalahan kedua secara berturut-turut Arsenal di berbagai kompetisi. Sebelumnya, The Gunners harus mengakui keunggulan Aston Villa 2-0 di Premier Legue Inggris.

Kekalahan yang mengakibatkan Arsenal kehilangan takhta klasemen karena direbut Manchester City.

Pertandingan itu sendiri berjalan imbang. Arsenal yang berusaha menembus semifinal Liga Champions untuk kali pertama sejak 2009 mampu bermain terbuka. Ini membuat Bayern mengalami kesulitan menekan lawan.

Meski tampil ofensif, namun lemahnya penyelesaian akhir menjadikan Arsenal tak mampu mengonversi setiap peluang menjadi gol.

Sementara, Bayern yang sedikit unggul dalam penguasaan bola juga mendapat beberapa peluang.

Hanya serangan mereka masih bisa dimentahkan barisan pertahanan Arsenal. Sampai babak pertama, skor masih 0-0.

Memasuki babak kedua, Bayern bermain lebih agresif. Serangan mereka terus mengancam pertahanan pasukan Mikel Arteta.

Usaha Bayern akhirnya membuahkan hasil. Kimmich sukses menjebol gawang Arsenal setelah menyambut umpan silang Raphael Guerreiro di menit 63.

Berawal dari aksi Kimmich yang melakukan penetrasi ke kotak penalti. Dirinya berlari menyongsong bola silang itu dan sundulan keras Kimmich menaklukkan kiper David Raya. Skor berubah 1-0 untuk Bayern dan bertahan sampai akhir laga.