Bagikan:

JAKARTA - Peringatan bagi Arsenal yang berambisi ke semifinal Liga Champions. Pasalnya, Arsenal melawan Bayern Munchen yang terluka setelah gagal meraih titel Bundesliga Jerman. Laga kedua perempat final di Stadion Allianz Arena, Kamis, 18 April 2024 dini hari WIB, harus diwaspadai karena mereka bisa menjadi pelampiasan striker Harry Kane.

Kane meninggalkan Tottenham Hotspur, rival yang juga tetangga sebelah Arsenal di London Utara, dan pindah ke Bayern Munchen demi memburu trofi. Dalam kariernya, Kane belum pernah sekalipun mengangkat trofi juara.

Hanya pada musim pertama di Bayern, Kane terancam mengulangi kegagalan di Tottenham. Bayern gagal memenangi titel liga yang direbut Bayer Leverkusen

Bayern juga gagal di DFB Pokal atau Piala Jerman dan Piala Super Jerman sudah tak bisa diraih. Trofi Liga Champions menjadi satu-satunya harapan Bayern dan Kane agar tidak menutup musim tanpa trofi apa pun

Laga melawan Arsenal bakal menjadi pelampiasan Kane. Pada laga pertama, Bayern gagal menang setelah ditahan The Gunners 2-2 lewat gol Leandro Trossard.

Hasil imbang itu menjadikan kedua tim memiliki peluang sama untuk lolos ke semifinal. Ini terkait dihapuskannya keuntungan gol tandang.

Meski Bayern mampu mencetak dua gol di kandang Arsenal, namun semua itu tak diperhitungkan. Bila skor imbang 0-0 atau 1-1, Bayern tidak secara otomatis lolos dan pertandingan dilanjutkan babak extra time dan kemudian adu penalti.

"Dari sudut pandang klub, kami dianggap gagal bila tak memenangi trofi apa pun. Jadi, kami sangat berharap memenangkan laga ini dan juara," kata Kane seperti dikutip The Sun.

"Kami sadar bila kami tak mencapai standar seperti yang diinginkan sebagai tim. Tetapi kami berusaha menjaga harapan fans. Harapan memenangi trofi meski kami tak menjalani musim terbaik," ucapnya lagi.

Hanya, tim asuhan Thomas Tuchel tak bisa meremehkan Arsenal yang saat ini mengukuhkan sebagai salah satu tim terbaik Premier League Inggris.

Meski Arsenal menelan kekalahan 2-0 saat melawan Aston Villa di kompetisi domestik, namun manajer Mikel Arteta menyatakan pemain sudah kembali fokus pada laga krusial ini.

"Hasil melawan Villa tak berpengaruh pada laga ini. Kami sudah siap menunjukkan performa terbaik agar bisa ke semifinal," kata Arteta.

"Persiapan sudah dilakukan demi Liga Champions. Kami punya kesempatan untuk mewujudkannya. Yang terutama kami harus kembali fokus dan membangun kepercayaan diri. Kami juga punya keyakinan mampu mengalahkan mereka dan lolos," ucapnya lagi.

Di laga itu, Bayern tidak diperkuat full back Alphonso Davies yang absen karena akumulasi kartu kuning. Posisi pemain tim nasional Kanada ini diambil alih Raphael Guerreiro.

Tuan rumah juga kehilangan duo sayap Serge Gnabry dan Kingsley Coman yang cedera hamstring.

Namun eks pemain Manchester City Leroy Sane sudah fit dan bisa dimainkan. Sane masih belum diturunkan saat Bayern menang 2-0 atas FC Koln akhir pekan lalu.

Arsenal sendiri tidak ada masalah cedera pemain. Hanya kapten Martin Odegaard yang mengalami cedera di laga melawan Villa sehingga terpaksa ditarik keluar.

Tidak dijelaskan cedera yang dialami Odegaard. Namun dirinya tetap menjadi starter. Sedangkan Gabriel Martinelli, Jorginho, dan Takehiro Tomiyasu juga berpeluang masuk skuat Arsenal.

Prakiraan Susunan Pemain

Bayern Munchen (4-2-3-1): Neuer; Kimmich, De Ligt, Dier, Guerreiro; Laimer, Goretzka; Sane, Muller, Musiala; Kane

Arsenal (4-3-3): Raya; White, Saliba, Gabriel, Tomiyasu; Jorginho, Rice, Odegaard; Saka, Havertz, Martinelli