Bagikan:

JAKARTA - Striker Harry Kane kembali membobol gawang Arsenal. Namun Bayern Munchen gagal menang di laga pertama perempat final Liga Champions. Dalam duel di Stadion Emirates, Rabu, 10 April 2024 dini hari WIB, Arsenal sukses mengimbangi Bayern 2-2.

Kane tetap menjadi momok bagi Arsenal meski sudah berpindah klub. Kapten tim nasional Inggris ini memang selalu mencetak gol dalam The North London Derby saat dia masih berseragam Tottenham Hotspur.

Rutinitas membobol gawang The Gunners pun masih dilakukan Kane saat bermain untuk Bayern. Hal itu dilakukannya saat Bayern menyambangi markas Arsenal di London Utara.

Manajer Arsenal Mikel Arteta pun sudah memperingatkan pemainnya untuk mewaspadai Kane. Mereka memang bisa mematikannya, tetapi Kane yang mendapat cemooh dari suporter Arsenal sepanjang pertandingan tetap mencetak gol. Hanya dia melakukanya dari titik putih alias tendangan penalti.

Duel itu memang menyajikan dua tim berbobot yang layak berlaga di perempat final Liga Champions. Arsenal yang baru pertama kali berlaga di babak delapan besar sejak 14 tahun lalu mencoba mengambil inisiatif menyerang.

Usaha mereka membuahkan hasil saat laga memasuki menit 12. Pemain depan Bukayo Saka sukses membobol gawang Bayern setelah menyelesaikan umpan dari Ben White. Arsenal unggul 1-0.

Tak lama berselang, Arsenal nyaris unggul dua gol. Namun sepakan langsung White ke gawang masih bisa diselamatkan kiper Manuel Neuer.

Keunggulan Arsenal tak bertahan lama. Bayern berhasil menyamakan skor melalui Serge Gnabry di menit 18. Gol berawal dari kecerobohan pemain belakang Arsenal Gabriel yang kehilangan penguasaan bola.

Gelandang Leroy Sane berhasil memanfaatkannya dengan merebut bola dan memberikan kepada Leon Goretzka.

Bukannya menendang bola ke gawang, Goretzka malah memberikannya kepada Gnabry. Dia pun menuntaskan peluang itu untuk menyamakan skor.

Tak lama kemudian, Bayern berhasil membalikkan keadaan setelah Kane mencetak gol dari titik penalti di menit 32.

Penalti diberikan setelah bek William Saliba melakukan pelanggaran dengan menjatuhkan Sane yang melakukan penetrasi di kotak terlarang.

Wasit Glenn Nyberg langsung menunjuk titik putih. Kane yang mengambil eksekusi kembali mendapat cemooh dari suporter. Namun dengan tenang dia menaklukkan kiper David Raya yang salah mengantisipasi arah bola.

Skor berubah menjadi 2-1 untuk tim asuhan Thomas Tuchel Tidak ada gol yang tercipta dan skor itu tak berubah sampai turun minum.

Memasuki babak kedua, Bayern lebih menguasai permainan. Raksasa Bundesliga Jerman ini menunjukkan sebagai tim yang berpengalaman di kompetisi Eropa.

Mereka menekan lawan. Akibatnya, Arsenal hanya bisa mengandalkan serangan balik. Saat tim kesulitan membongkar pertahanan Bayern, Arteta pun memasukkan Gabriel Jesus dan Leandro Trossard.

Keputusan Arteta tak salah. Jesus dan Trossard menjadikan lini depan The Gunners menyala kembali. Usaha mereka pun akhirnya membuahkan hasil. Trossard sukses membobol gawang Bayern untuk menyamakan skor di menit 76.

Dalam kedudukan 2-2, pertandingan kian menarik dan menegangkan. Bayern nyaris menambah gol melalui Kingsley Coman. Namun sepakannya dari jarak dekat masih membentur tiang gawang.

Selanjutnya, Arsenal sempat meminta penalti saat Saka merasa dijatuhkan. Hanya wasit membiarkan insiden itu. Sampai akhir laga skor tetap 2-2.

Hasil itu sedikit menguntungkan Bayern yang akan menjamu Arsenal pada laga kedua di Stadion Allianz Arena, Kamis, 18 April 2024 dini hari WIB.

Namun gol tandang sudah tidak diperhitungkan lagi sehingga Bayern harus memenangkan laga.

Bila skor 0-0 atau 1-1, Bayern belum dinyatakan lolos ke semifinal meski mampu mencetak dua gol di kandang Arsenal.

Pertandingan pun dilanjutkan dengan extra time. Bila skor masih imbang, pertandingan diselesaikan lewat adu penalti.