Man City Kembali Tempel Ketat Liverpool Usai Kalahkan Brentford
Striker Manchester City Erling Haaland (kiri) merayakan gol di laga melawan Brentford. (X/@ManCity)

Bagikan:

JAKARTA - Manchester City mengakhiri laga tunda dengan meraih kemenangan 1-0 atas Brentford. Tambahan tiga poin dari laga Premier League Inggris di Stadion Etihad, Rabu, 21 Februari 2024 dini hari WIB menjadikan Man City kembali menempel ketat pimpinan klasemen Liverpool.

Persaingan kian panas saat kompetisi Liga Inggris memasuki paruh kedua putaran kedua. Man City yang menyelesaikan pertandingan tunda berhasil memperbaiki peringkat.

Kemenangan lewat gol tunggal Erling Haland menjadikan sang juara bertahan kembaik menduduki peringkat dua klasemen sementara. Memiliki poin 56, Man City hanya terpaut satu poin dengan Liverpool.

Sementara, Arsenal yang memiliki poin 55 berada di peringkat tiga. Hanya terpaut dua poin dengan Liverpool menjadikan Arsenal belum terusir dari persaingan. Begitu pula Aston Villa yang menduduki posisi empat tak bisa diabaikan meski saat ini memiliki poin 49.

Sebaliknya, Brentford masih berada di papan bawah Brentford yang memiliki poin 25 menduduki peringkat 14. Mereka hanya unggul lima poin dengan Luton Town yang berada di zona degradasi.

Pertandingan itu sendiri berjalan ketat. Meski Brentford berada di papan bawah, namun mereka mampu merepotkan Man City.

Tim asuhan Pep Guardiola tampak terbebani karena harus memenangkan laga yang tertunda. Bila sampai gagal, maka mereka harus bekerja ekstrakeras untuk kembali bersaing dengan Liverpool dan Arsenal.

Tampil di kandang sendiri Man City langsung memberi tekanan kepada lawan. Hanya pertahanan The Bee yang solid menjadikan pemain tuan rumah mengalami kesulitan.

Haaland mendapat peluang ada menit-menit awal. Hanya sundulannya yang menyambut bola silang Bernado Silva masih melebar.

Selanjutnya, dia kembali mengancam gawang Brentford lewat tendangan salto. Lagi-lagi, peluang itu tak bisa dikonversi menjadi gol.

Man City yang unggul penguasaan bola selalu mendapat peluang, tetapi upaya mereka tak pernah membuat hasil di sepanjang babak pertama.

Brentford sendiri mendapat peluang tetap tidak terlalu membahayakan gawang The Cityzens melalui striker Ivan Toney. Namun upaya pemain yang tengah menjadi incaran Chelsea dan Manchester United ini tak memberi hasil.

Menjelang akhir babak pertama, Man City kembali mendapat peluang melalui Silva. Namun peluang bagus itu tak bisa dimanfaatkan karena sundulannya masih melebar. Babak pertama ditutup tanpa gol dari kedua tim.

Di babak kedua Man City tak menurunkan tempo permainan. Apalagi ball possession mereka sangat tinggi.

Penguasaan bola Man City mencapai 71%. Namun aliran bola ke daerah pertahanan Brentford masih belum bisa membuahkan hasil.

Kesabaran pemain Man City ternyata tidak sia-sia. Lewat sebuah serangan balik, Man City akhirnya unggul setelah Haaland mengakhiri serangan itu lewat tendangan kaki kiri di menit 71. Dirinya menyambut assist dari Julian Alvarez yang dituntaskan dengan baik.

Setelah gol itu, Man City sesungguhnya tetap bermain ofensif. Hanya saja serangan mereka selalu kandas. Skor 1-0 pun bertahan sampai akhir laga.