Luciano Spalletti Menerima Gelar Warga Negara Kehormatan Kota Napoli
Luciano Spalletti menghadiri upacara penerimaan warga negara kehormatan Kota Napoli (Instagram/@lucianospalletti).

Bagikan:

JAKARTA - Mantan pelatih Napoli, Luciano Spalletti, telah resmi menjadi warga kehormatan Kota Napoli pada hari Kamis, 7 Desember 2023, waktu setempat, berkat keberhasilannya meraih gelar bersama Partenopei selama musim 2022/2023.

Napoli di bawah kepemimpinan Spalletti memenangi gelar Serie A dengan rekor klub, yaitu koleksi 90 poin. Mereka finis dengan keunggulan 16 poin dari tim peringkat kedua, Lazio.

Itu adalah gelar Serie A pertama Napoli dalam kurun waktu 30 tahun sejak terakhir kali merengkunya pada musim 1989/1990 di era Diego Maradona.

Sebagai pengakuan atas prestasinya, Spalletti telah diberikan gelar kewarganegaraan kehormatan dan menghadiri upacara tersebut di Naples bersama Presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis.

Awalnya, ada keraguan bahwa Spalletti dan De Laurentiis akan hadir mengingat keretakan hubungan di antara mereka pada akhir musim 2022/2023.

De Laurentiis menolak secara terbuka mengakui peran Spalletti dalam gelar scudetto Napoli. Sikap Presiden Partenopei itu menjadi salah satu faktor di balik keputusan sang pelatih meninggalkan klub pada akhir musim 2022/2023.

Namun, keduanya tampaknya sudah berbaikan selama sepekan terakhir. De Laurentiis akhirnya memberikan pujian yang layak diterima Spalletti.

Saat ini, Luciano Spalletti menukangi Timnas Italia, efektif sejak 1 September 2023. Dia memegang kontrak bersama Nerazzurri selama tiga tahun atau hingga 2026.

Spalletti membawa Italia lolos Kualifikasi Euro 2024 setelah menjadu runner-up Grup C di bawah Inggris.

Turnamen pertama yang akan menjadi ujian Spalletti ialah Euro 2024. Italia tergabung di grup neraka, Grup B, bersama Spanyol, Kroasia, dan Albania.