Bagikan:

JAKARTA – Tim para-bulu tangkis Indonesia berhasil memborong lima medali emas di World Abilitysport Games (WAG) 2023.

Para-bulu tangkis Indonesia masuk final di lima nomor ketika berlaga di Terminal 21, Nakhon Ratchasima, Thailand, Jumat, 8 Desember 2023. Tiga nomor di antaranya bahkan menghadirkan final sesama wakil Indonesia.

Medali emas pertama didapat oleh ganda campuran SL3-SU5, Hikmat Ramdani/Leani Ratri Oktila. Keduanya menang atas kompatriot mereka, Fredy Setiawan/Khalimatus Sadiyah, dua gim langsung 21-8 dan 21-19.

Kemudian, medali emas kedua direbut oleh tunggal putra SH6, Subhan, setelah mengandaskan wakil India, Pandurangan Dhinagaran, dengan skor 21-11 dan 21-10.

Partai sesama wakil Indonesia kembali tercipta antara Fredy Setiawan versus Hikmat Ramdani di nomor tunggal putra SL4. Fredy berhasil memenangi duel tersebut dalam dua gim langsung 21-18 dan 21-9.

Selanjutnya, medali emas keempat dipersembahkan Leani Ratri Oktila. Ratri sukses membungkam kompatriotnya, Khalimatus Sadiyah, dengan skor 21-12 dan 21-10.

Berikutnya, medali emas terakhir didapat Suryo Nugroho yang tampil di nomor tunggal putra SU5. Suryo berhasil mengalahkan wakil China Taipei, Jen-Yu Fang.

Lima medali emas dari para-bulu tangkis membuat Indonesia untuk sementara mengoleksi 29 keping emas di WAG 2023. Selanjutnya, masih ada beberapa cabor seperti para-panahan yang juga akan bertanding di WAG 2023.