Para-Bulu Tangkis Indonesia Bawa Pulang Tujuh Medali dari Dubai
Tim para-badminton dapat tujuh medali dari 5th Fazza Dubai Para Badminton International 2023 (dok. NCP Indonesia).

Bagikan:

JAKARTA – Tim para-bulu tangkis Indonesia sukses membawa pulang tujuh medali dari kejuaraan 5th Fazza Dubai Para-Badminton International 2023.

Perincian medali yang dibawa pulang dari kejuaraan yang berlangsung di Dubai, Uni Emirat Arab, 11-17 Desember 2023, itu ialah satu emas, tiga perak, dan tiga perunggu.

Satu-satunya medali emas itu didapat dari ganda campuran SL3-SU5, Leani Ratri Oktila/Hikmat Ramdani. Pasangan ini keluar sebagai juara usai mengalahkan Manisha Ramadas/Pramod Bhagat dengan skor 21-14 dan 21-11.

"Puji Tuhan, saya bisa menyelesaikan event terakhir tahun 2023 ini, walaupun saya kurang puas dengan hasil keseluruhan nomor yang saya ikuti. Namun, saya tetap bersyukur atas prestasi yang saya raih," ujar Ratri.

Kemenangan di Dubai semakin menunjukkan dominasi Ratri/Himat dalam tiga bulan terakhir. Sebelumnya, pasangan ini meraih medali emas di Asian Paragames Hangzhou, juara di Japan Para-Badminton International 2023, dan merebut emas pada World Abilitysport Games di Nakhon Ratchasima Thailand.

Ratri juga melengkapi perjalanannya di Dubai dengan dua medali perak, masing-masing dari ganda putri SL3-SU5 dan tunggal putri SL4.

"Semoga nanti pada tahun 2024 saya bisa meningkatkan prestasi lagi terutama di Kejuaraan Dunia dan Paralimpiade Paris," harap Ratri.

Hikmat Ramdani mengatakan bahwa menjadi satu-satunya wakil yang meraih emas di Dubai adalah prestasi yang patut disyukuri. Terlebih, ajang ini digunakan untuk mengumpulkan poin ke Paralimpiade Paris 2024.

"Tentunya kami juga akan melakukan evaluasi dan ke depannya semoga kami bisa terus konsisten berprestasi," kata Hikmat.

Pelatih Jarot Hernowo mengapresiasi performa pemain indonesia dalam mengejar poin Paralimpiade 2024. Dia mengatakan pencapaian ini sudah sesuai target.

"Pencapaian ini sesuai dengan target yang mana nomor-nomor unggulan bisa masuk final. Namun, dari empat nomor pertandingan di final, hasilnya hanya satu medali emas yang bisa diraih," ungkap Jarot.

Sementara itu, tiga medali perak dipersembahkan oleh Qonitah Ikhtiar Syakuroh (WS SL3), Leani Ratri Oktila (WS SL4), dan Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah (WD SL3-SU5).

Kemudian tiga medali perunggu dipersembahkan oleh Khalimatus Sadiyah (WS SL4), Suryo Nugroho (MS SU5), dan Fredy Setiawan/Khalimatus Sadiyah (XD SL3-SU5).