Fabio Quartararo Diminta Tidak Berharap Perubahan Besar pada Mesin Yamaha
Fabio Quartararo telah diinstruksikan "untuk tidak mengharapkan perubahan besar" pada mesin Yamaha (foto: twitter @FabioQ20)

Bagikan:

JAKARTA- Fabio Quartararo telah diinstruksikan "untuk tidak mengharapkan perubahan besar" pada mesin Yamaha yang akan dicobanya selama uji coba MotoGP Valencia pada akhir bulan ini.

Yamaha meluncurkan mesin prototipe 2024 pertama di tes Misano pada bulan September, meskipun hal itu tidak disambut antusias oleh juara dunia 2021, Quartararo.

Dia mengatakan pada saat itu dia mengharapkan jauh lebih banyak dari yang ditawarkan, terutama dalam hal daya. Namun  tim menyanggah hal ini dan mencatat bahwa tes berjalan seperti yang direncanakan.

Mesin 2024 Yamaha sedang dikembangkan oleh mantan kepala mesin Formula 1, Luca Marmorini, yang hadir dalam tes Misano.

Produsen Jepang itu mengatakan bulan lalu bahwa mereka memiliki dua mesin lain yang sedang dalam proses pengembangan menjelang musim 2024, meskipun Quartararo diberitahu untuk tidak berharap banyak dari versi yang akan dicobanya di Valencia.

"Saat ini, saya belum berbicara dengan mereka," katanya ketika ditanya tentang apa yang dia harapkan dari mesin tersebut pada tes Valencia pada hari Kamis, sebelum Grand Prix Malaysia. "Mereka mengatakan kepada saya untuk tidak mengharapkan perubahan besar untuk Valencia.

"Tetapi biasanya langkah besar akan terjadi di sini [Sepang] pada bulan Februari. Jadi, saya tidak tahu apa yang harus diharapkan dari Valencia dan apakah kita akan memiliki sesuatu yang baru," kata pebalap asal Prancis itu.

Quartararo saat ini menempati posisi kesembilan dalam klasemen MotoGP menjelang awal seri tiga balapan terakhir musim ini. Dia finis kelima di GP Thailand dua minggu lalu, sementara dua minggu sebelumnya dia finis ketiga di GP Indonesia.

Pembalap Prancis, yang finis ketiga dalam GP Malaysia tahun lalu, mengatakan bahwa mengulangi performanya di Thailand "akan luar biasa" baginya ketika ditanya tentang harapannya untuk akhir pekan mendatang.

"Mengharapkan, saya tidak tahu, tapi setidaknya mencoba untuk berada di 10 besar pada hari Jumat," katanya. "Ini adalah tujuan utama yang jauh. Dan kemudian lebih kurang kecepatan selalu bagus."

"Jadi, ini akan menjadi tujuan utama saya, untuk mencoba masuk ke Q2 dari hari Jumat. Bagi saya, balapan seperti di Thailand akan luar biasa, finis enam besar, tujuh besar, di lintasan semacam ini akan luar biasa," ujar pebalap ini.