Bagikan:

JAKARTA - Inter Milan memastikan tempat di babak 16 besar Liga Champions dengan kemenangan dramatis 1-0 atas RB Salzburg.

Lautaro Martinez yang sedang dalam performa bagus muncul sebagai pemain pengganti dan mencetak gol dari titik penalti pada menit ke-85 untuk membawa klun Italia itu mengumpulkan 10 poin di Grup D. Mereka unggul tujuh poin dari lawan mereka.

Salzburg mengandalkan penampilan heroik kiper Alexander Schlager, tetapi akhirnya mereka harus menyerah kepada Martinez, top skor Serie A sementara.

Tuan rumah memulai pertandingan dengan apik dan menguasai daerah berbahaya di mana mereka menciptakan sejumlah peluang melalui Roko Simic dan Mads Bidstrup, tetapi tembakan Bidstrup pada menit ke-12 tidak mengenai sasaran.

Inter beruntung tidak memberikan penalti ketika Carlos Augusto tampaknya mendorong Simic ke tanah dari sepak pojok, tetapi wasit tidak memberikan penalti yang diminta oleh tuan rumah. Selanjutnya Inter hampir membuka keunggulan setelah 35 menit.

Spesialis bola mati Hakan Calhanoglu berdiri di atas bola dari tendangan bebas dan umpan silangnya menemui kepala Alessandro Bastoni yang usahanya hampir melesat ke gawang.

Inter bahkan seharusnya unggul di saat-saat terakhir babak pertama. Marcus Thuram maju ke depan dan memberikan umpan sulit kepada Alexis Sanchez yang bertindak cepat dan memilih untuk mencari Davide Frattesi, tetapi ia melesatkan tembakannya di atas mistar gawang.

Pelatih Simone Inzaghi terlihat frustrasi dan harus memotivasi para pemainnya pada paruh pertama karena mereka akhirnya mampu keluar dengan tampil lebih kuat di babak kedua. Pada menit ke-73 mereka mengancam lagi dari bola mati.

Federico Dimarco menyusun bola dari sebuah tendangan sudut dan memberikan umpan silang yang sempurna kepada Thuram yang entah bagaimana gagal membuat sundulan ke bola di dalam kotak enam yard.

Beberapa saat kemudian Schlager menyelamatkan upaya jarak jauh Kristjan Asllani lewan bola rendah. Pemain Inter protes ketika Thuram tidak diberikan penalti pada menit ke-80.

Martinez yang memiliki 12 gol di Serie A musim ini, akhirnya muncul sebagai pemain pengganti. Ia membawa bola dan memberikan umpan kepada Thuram yang yang melewati penjaga pemain terakhir sebelum dilanggar.

Namun pertahanan Salzburg akhirnya ditembus ketika mereka menerima hukuman penalti dalam lima menit tersisa pertandingan.