Jose Mourinho Dikartu Merah, AS Roma Menang Lawan Monza
Striker Stephan El Shaarawy (kedua dari kanan) membawa AS Roma menang 1-0 atas Monza di pertandingan Serie A Italia. (Twitter @OfficialASRoma)

Bagikan:

JAKARTA - AS Roma harus bekerja keras sebelum menang tipis 1-0 atas Monza di pertandingan Serie A Italia di Stadion Olimpico, Minggu, 22 Oktober malam WIB. Di laga itu, pelatih Roma Jose Mourinho bernasib sial karena dikartu merah.

Drama pertandingan di Olimpico. Roma menghadapi lawan yang bermain dengan 10 orang menjelang babak pertama usai. Namun Roma kesulitan melawan tim yang kehilagan seorang pemain.

Roma akhirnya mencetak gol tunggal lewat Stephan El Shaarawy di injury time. Dan ini menjadi sebuah drama karena El Shaarawy disebut-sebut terlibat judi bola.

Mantan pemain AC Milan ini memecahkan kebuntuan dengan mencetak gol sekaligus membawa Roma meraih tiga poin di laga kandang.

Drama kembali terjadi menjelang akhir pertandingan saat Mourinho dikartu merah. Akibatnya, eks pelatih Inter Milan ini bakal absen mendampingi tim saat menghadapi Inter pekan depan.

Kemenangan atas Monza menjadikan Roma langsung memperbaiki peringkat di klasemen sementara. Kini, Roma mendapatkan poin 14 naik ke posisi enam. Mereka masih terpaut delapan poin dari pemuncak klasemen, Inter Milan.

Roma yang sempat terpuruk pada awal kompetisi secara perlahan mulai memperbaiki peringkat setelah menunjukkan tren bagus selama beberapa pekan terakhir.

Dari lima laga sebelumnya, termasuk lawan Monza, mereka tak terkalahkan. Monza sendiri berada di posisi 11 dengan poin 12.

Di pertandingan itu, Roma kehilangan sebagian pemain pilar, Paulo Dybala, Chris Smalling, Renato Sanches, Lorenzo Pellegrini, dan Tammy Abraham yang masih cedera. Sedangkan Monza tanpa Papu Gomez yang baru saja mendapat sanksi larangan bermain selama dua tahun karena doping.

Roma yang bermain di kandang dipaksa bekerja keras meladeni Monza. Tekanan dari Roma sesungguhnya memaksa Monza lebih banyak bertahan.

Namun duet lini depan Romelu Lukaku dan Andrea Belotti kesulitan menembus pertahanan tim tamu.

Roma akhirnya mendapat keuntungan saat pemain Monza Danilo D'Ambrosio menerima kartu kuning kedua yang disusul dengan kartu merah setelah melakukan tekel terhadap Belotti di menit 41.

Meski demikian, Roma tetap kesulitan menghadapi tim yang bermain dengan 10 orang. Di babak kedua, situasi permainan tak berubah.

Serangan Roma tak pernah membuahkan hasil. Mourinho kemudian memasukkan

El Shaarawy menggantikan Edoardo Bove untuk mempertajam lini depan.

Strategi Mourinho membuahkan hasil manis. El Shaarawy mengatasi kebuntuan dan membobol gawang Monza di menit 90. Gol itu langsung disambut selebrasi yang agak berlebihan Mourinho di pinggir lapangan.

Kegembiraan Mourinho tak berlangsung lama. Dirinya kemudian malah mendapat kartu merah karena tindakan yang tidak sportif.

Gara-garanya dia mengejek pelatih Monza Raffaele Palladino. Mourinho harus meninggalkan arena sebelum pertandingan usai. Dia juga tak bisa mendampingi tim saat melawan eks klubnya, Inter.