Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-23 memastikan langkah ke final Piala AFF U-23 2023 dengan mengalahkan Thailand di babak 4 besar, Rabu, 24 Agustus. Skuad Garuda Muda menang telak 3-1.

Kemenangan ini jelas di luar prediksi banyak orang yang lebih menjagokan Thailand. Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong mengatakan, kondisi dan mental tim yang bagus menjadi kunci kemenangan timnya.

"Sebenarnya kami hanya memiliki persiapan yang singkat sebelum datang ke Thailand, dan kami juga memiliki periode pemusatan latihan yang pendek. Maka hal yang paling penting dalam sepak bola adalah kondisi tim dan mental tim," ujar Shin selepas pertandingan.

"Kami melakukan kerja sama tim dengan baik, mungkin itulah alasan mengapa kami bisa tampil bagus di fase ini," lanjutnya, seperti dikutip dari Antara.

Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam di partai final. Shin menyakini, laga itu akan menyajikan pertarungan sengit kedua tim.

"Keempat tim yang lolos ke semifinal adalah tim-tim Asia Tenggara yang bagus, maka kami dapat mengharapkan pertandingan yang bagus di final," yakin pelatih asal Korea Selatan itu.

Sementara itu, Muhammad Ferarri menumbuhkan nuansa optimistis menjelang pertandingan kontra Vietnam. Ia berkaca pada pertemuan terakhir melawan Vietnam di SEA Games 2023, ketika timnas Indonesia U-22 kala itu mampu menang 3-2 atas lawan yang sama.

"Kami hanya fokus pada tim, tidak fokus pada lawannya. Kami banyak pengalaman juga ketemu Vietnam, dan pada pertandingan terakhir kami menang di SEA Games. Kami yakin pertandingan besok bisa menang. Insyaallah," ucap pemain Persija Jakarta itu.

Pertandingan final Piala AFF U-23 antara Indonesia melawan Vietnam akan berlangsung di Stadion Provinsi Rayong, Thailand, Sabtu, 26 Agustus.