Bagikan:

JAKARTA – Tim nasional (Timnas) Indonesia U-23 memastikan diri lolos ke final Piala AFF U-23 2023 setelah menghentikan tuan rumah Thailand 3-1 di Rayong Provincial Stadium, Kamis, 24 Agustus,  malam WIB.

Indonesia langsung unggul saat laga baru berjalan sepuluh menit. Gol pertama buat Pasukan Garuda dicetak Jeam Kelly Sroyer dari luar kotak penalti setelah menerima bola dari Arkhan Fikri.

Skuad asuhan Shin Tae-yong kemudian menambah gol lagi tiga belas menit kemudian melalui Muhammad Ferarri. Dia memanfaatkan lemparan ke dalam Robi Darwis yang dilontarkan dari jarak yang cukup jauh.

Empat menit berselang, Thailand bangkit dan sukses memangkas skor menjadi 1-2. Chudit Wanpraphao memanfaatkan sepak pojok untuk membobol gawang Indonesia.

Kemudian di menit tambahan waktu babak pertama, Natcha Promsomboon justru mencetak gol bunuh diri untuk menambah keunggulan buat Indonesia.

Di partai final nanti, Indonesia akan menghadapi Vietnam yang sebelumnya menyingkirkan tim nasional Malaysia. Nantinya laga final akan digelar di lokasi yang sama, Sabtu, 26 Agustus mendatang.

Indonesia dan Vietnam sama-sama memburu gelar kedua dari ajang ini. Garuda Muda sebelum menjuarai ajang ini di tahun 2019 lalu, sedangkan Vietnam adalah juara bertahan setelah menjadi kampiun tahun lalu.